Penerapan Metode Pakem Pada Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar di Kelas Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4305Abstract
Metode dan strategi pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat berpengaruh dalam pembelajaran. Metode pembelajaran PAKEM memberikan merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif karena melibatkan keaktifan peserta didik yang membuat peserta didik lebih aktif, kreatif, dan inovatif. Pemilihan metode pembelajaran harus disesuaikan dengan peserta didik mulai dari latar belakang peserta didik, tingkat kemampuan metakognitif peserta didik, emosional peserta didik, dan motivasi peserta didik. Peserta didik yang memiliki pemahaman yang tinggi dengan peserta didik yang memiliki pemahaman yang lebih rendah memiliki batas-batas tingkat pemahaman yang berbeda pula peserta didik memiliki pemahaman yang sangat rendah. Pengetahuan sebelumnya yang telah didapatkan merupakan salah satu indikator tingkat pemahaman peserta didik. Sehingga pemantauan dalam pembelajaran untuk peserta didik yang memiliki tingkat pemahaman tinggi dan tingkat pemahaman rendah berbeda pula. Kemampuan pemahaman peserta didik dapat diukur dengan tingkat pemahaman peserta didik dalam membaca. Pemahaman peserta didik yang tinggi akan mempercepat proses pemahaman dalam memahami suatu ilmu dari sumber informasi dan mempercepat pemahaman dalam bidang keterampilan pula. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik.Downloads
Published
2022-05-19
How to Cite
Hanafi , A. N. ., Septiwi, E. ., S, W. M. ., & Noviyanti, S. . (2022). Penerapan Metode Pakem Pada Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 278–282. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4305
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ardi Nur Hanafi, Ervina Septiwi, Wella Mada S.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).