Hubungan Penggunaan Bahasa Daerah Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah

Authors

  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi
  • Laili Amelia Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9335

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari penggunaan Bahasa Daerah pada proses pembelajaran bahasa indonesia di kelas rendah yaitu pada kelas II SD Negeri 29/1 Terusan. Penelitian ini menggunkan metode penelitian Uji Reliabilitas dan Validitas. Instrumen penelitian ini digunakan dengan cara tes lisan dengan menggunakan sebuah kata serta kalimat. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut maka penggunaan Bahasa Daerah pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia tersebut menimbulkan hasil yang bagus dan meningkat bagi peserta didik yang dimana peserta didik akan lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru sehingga ia lebih bersemangat dalam pembelajaran tersebut. Dengan terbiasanya Berbahasa Daerah atau dengan menguasai Bahasa Nasional akan membuat anak ingin untuk memperkenalkan Bahasa Daerahnya kepada orang lain. Bahasa daerah yang sebagai kearifan lokal adalah bagian dari suatu kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia bahwa Bahasa Daerah merupakan Bahasa yang digunakan secara turun temurun oleh warga negara Indonesia di Daerah. Dengan bersandingnya kedua pemakaian bahasa tersebut yaitu Bahasa Indonesia dan bahasa daerah pada pembelajaran bahasa indonesia tersebut dapat meningkatkan pada proses pembelajaran di Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Noviyanti, S. ., & Amelia, L. . (2022). Hubungan Penggunaan Bahasa Daerah Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6492–6497. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9335

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>