Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Panggung Lor

Authors

  • Bhekti Fitrianingsih Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Prayito Universitas PGRI Semarang
  • Trinil Wigati SDN Panggung Lor

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14019

Abstract

Pembelajaran di sekolah harus diupayakan membentuk pola pikir kritis bagi siswa. Dengan begitu, siswa akan mampu tampil percaya diri dan selalu berupaya memberikan solusi terbaik bagi setiap permasalahan yang muncul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN Panggung Lor. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek siswa dan guru kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan Dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa, dapat berasal dari faktor internal (siswa) dan faktor eksternal (guru). Faktor internal (Siswa) berupa siswa giat dalam belajar, tidak bermalas malasan. Sedangkan Faktor Eksternal (guru) yaitu dengan menentukan model, strategi, metode atau teknik pembelajaran yang sesuai dengan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Fitrianingsih, B. ., Untari, M. F. A. ., Prayito, M. ., & Wigati, T. . (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Panggung Lor. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5281–5287. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14019

Most read articles by the same author(s)