Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13049Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan multimedia interaktif dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasy Experimental Design dengan model one group pretest posttest design. Populasi dari penelitian ini seluruh peserta didik kelas 4 SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang. Sampel yang diambil semua peserta didik kelas 4 SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang yang berjumlah 27 peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai t hitung = 18.949 dengan (dk) N-1= 27-1 dengan signifikan = 10,2% (0,102) di dapat t tabel = 2,777. Dikarenakan t hitung (18,949) > t tabel (2,777). Maka dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada perbedaan rata-rata yang signifikan hasil belajar kognitif peserta didik pada pretest dan posttest. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh gain 0,61 artinya peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang. Dengan kenaikan ketuntasan pretest dan posttest sebesar 27,41%, maka multimedia interaktif efektif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SDN Pedurungan Kidul 01 SemarangDownloads
Published
2023-03-19
How to Cite
Indriana, . . Y., M, N. A. N. ., Untari , M. F. A. ., & Purbiyanti , E. D. . (2023). Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1123–1127. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13049
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Yunita Indriana, Ngurah Ayu Nyoman M , Mei Fita Asri Untari, Elis Dwi Purbiyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).