“Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Canva Tema 1 Kelas II SDN Sarirejo Semarang”

Authors

  • Ri'ah Nurhayati Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Universitas PGRI Semarang
  • Wahyuningsih Rahayu Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7030

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu model pembelajaran yang diterapkan guru masih konvensional dan hanya berbantu media power point sederhana. Kurangnya motivasi belajar siswa pasca pandemi mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Dari latar belakang tersebut, disusun rumusan masalah yaitu “Bagaimana perubahan perilaku pada proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media Power Point Interaktif Canva pada Tema 1 Hidup Rukun Kelas 2 SDN Sarirejo Semarang ?” “Bagaimana penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring Tema 1 Hidup Rukun Kelas 2 SDN SARIREJO SEMARANG?” “Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran pasca daring setelah menggunakan model pembelajaran Peoblem Based Learning berbantu media Power Point Interaktif Canva pada Tema 1 Hidup Rukun Kelas 2 SDN SARIREJO SEMARANG ?” Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model Problem Based Learning berbantu media Power Point Interaktif Canva sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 2 SDN Sarirejo Semarang tahun ajaran 2022/2023 sejumlah 18 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 pertemuan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa Kelas 2B, guru kelas, dan data dokumen. Data yang dihimpun merupakan data kualitatif meliputi motivasi belajar siswa dan aktivitas guru, dan data kuantitatif mencakup hasil belajar siswa, rata-rata kelas, dan ketuntasan belajar siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes melalui pengamatan dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa tes dan lembar pengamatan (observasi). Penelitian ini dinyatakan berhasil apabila hasil belajar siswa meningkat sesuai indikator keberhasilan yang telah ditentukan.

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Nurhayati, . R. ., Untari, M. F. A. ., & Rahayu, W. . (2022). “Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Canva Tema 1 Kelas II SDN Sarirejo Semarang”. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2779–2794. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7030

Most read articles by the same author(s)