Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pedurungan Kidul 01 Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12884Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi siswa kelas IV SDN Pedurungan Kidul Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Tahapan-tahapan penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Hasil dari analisis perencanaan memperoleh hasil data gaya belajar 45% visual, 21% auditori, dan 33% kinestetik. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi menggunakan aspek proses dilakukan dengan penyampaian materi yang beragam melalui video, penjelasan guru , dan praktik. Respon siswa 80% menunjukkan rasa senang dan bersemangat, karena selain mereka dapat belajar dengan apa yang mereka sukai dan mampu, mereka juga belajar dengan apa yang dimampui dan disukai oleh teman-teman yang lainnya. Kemudian hasil dari soal evaluasi sebagai assesmen sumatif 77% siswa tuntas dalam pemahaman materi yang diberikan. Sedangkan 13% lainnya masih membutuhkan bantuan untuk menyesuaikan dengan kondisi kemampuan belajar peserta didik.Downloads
Published
2023-03-14
How to Cite
Hanaunnadiya, F. ., Azizah, M. ., Untari, M. F. A. ., & Purbiyanti, . E. D. . (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pedurungan Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 678–685. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12884
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 iky Hanaunnadiya, Mira Azizah, Mei Fita Asri Untari, Elis Dwi Purbiyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).