Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Pada Peserta Didik di Kelas III SD Negeri Gayamsari 02 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14168Abstract
Penelitian ini pertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik di SDN Gayamsari 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, khususnya yang mengutamakan makna, penalaran, definisi khusus, dan menggambarkan secara riel mengenai obyek penelitian. Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan dalam metode pengumpulan data. Investigator menggunakan berbagai teknik analisis data yaitu termasuk reduksi data yang melibatkan pemilihan data penting, penyajian data merangkai beberapa kumpulan data menjadi satu dan memilih yang terbaik berdasarkan apa yang diperlukan, dan menarik kesimpulan yang melibatkan pengumpulan bukti yang diperlukan kemudian didiskripsikan dengan cermat secara sistematis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa SDN Gayamsari 02 Semarang telah berhasil menerapkan nilai-nilai Pancasila, khususnya melalui kegiatan pembelajaran agama dan mata pelajaran lainnya dengan diajarkannya dan menanamkan sila Pancasila dan dapat mengimplementasikan dalam kegiatan didalam sekolah maupun diluar sekolah.Downloads
Published
2023-04-19
How to Cite
Alfiyandi, D. Z. ., Prayito, M. ., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. . (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Pada Peserta Didik di Kelas III SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4849–4856. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14168
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Delvi Zuhdi Alfiyandi, Muhammad Prayito, Mudzanatun Mudzanatun, Effendi Isnuryantono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).