Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Pada Peserta Didik di Kelas III SD Negeri Gayamsari 02 Semarang

Authors

  • Delvi Zuhdi Alfiyandi Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Prayito Universitas PGRI Semarang
  • Mudzanatun Mudzanatun Universitas PGRI Semarang
  • Effendi Isnuryantono SDN Gayamsari 02 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14168

Abstract

Penelitian ini pertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik di SDN Gayamsari 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, khususnya yang mengutamakan makna, penalaran, definisi khusus, dan menggambarkan secara riel mengenai obyek penelitian. Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan dalam metode pengumpulan data. Investigator menggunakan berbagai teknik analisis data yaitu termasuk reduksi data yang melibatkan pemilihan data penting, penyajian data merangkai beberapa kumpulan data menjadi satu dan memilih yang terbaik berdasarkan apa yang diperlukan, dan menarik kesimpulan yang melibatkan pengumpulan bukti yang diperlukan kemudian didiskripsikan dengan cermat secara sistematis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa SDN Gayamsari 02 Semarang telah berhasil menerapkan nilai-nilai Pancasila, khususnya melalui kegiatan pembelajaran agama dan mata pelajaran lainnya dengan diajarkannya dan menanamkan sila Pancasila dan dapat mengimplementasikan dalam kegiatan didalam sekolah maupun diluar sekolah.

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Alfiyandi, D. Z. ., Prayito, M. ., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. . (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Pada Peserta Didik di Kelas III SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4849–4856. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14168

Most read articles by the same author(s)