Analisis model PBL Berbantu Media Konkrit terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SDN Karanganyar Gunung 02
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13010Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning berbantu media konkrit terhadap minat belajar siswa kelas III SD Karanganyar Gunung 02. Adapun media konkret yang digunakan yaitu berupa miniature lingkungan rumah kotor. Desain penelitian dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan pertama reduksi data, kedua penyajian data, ketiga penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Pada hasil penelitian dapat diketahui selama proses pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbantu media konkrit mendapatkan respon yang baik dengan aspek aktif, perasaan senang, partisipasi dan ketertarikan mendapatkan respon yang baik dengan presentasi rata-rata diatas 80%, model PBL mampu memberikan dampak positif membuat siswa dapat berfikir kritis dalam menyelesaiakn masalah. Model PBL merupakan salah satu variasi model pembelajaran yang baik untuk digunakan sehingga materi dapat mudah dipahami, dengan adanya model PBL berbantu media konkrit membantu meningkatkan minat belajar siswaDownloads
Published
2023-03-21
How to Cite
Kesuma Dewi, C., Prayito, M. ., Purnamasari, I. ., & Kusniati, . S. . (2023). Analisis model PBL Berbantu Media Konkrit terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1508–1513. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13010
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Candra Kesuma Dewi, Muhammad Prayito, Iin Purnamasari, Siti Kusniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).