Analisis model PBL Berbantu Media Konkrit terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SDN Karanganyar Gunung 02

Authors

  • Candra Kesuma Dewi Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Prayito Universitas PGRI Semarang
  • Iin Purnamasari Universitas PGRI Semarang
  • Siti Kusniati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13010

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning berbantu media konkrit  terhadap minat belajar siswa kelas III SD Karanganyar Gunung 02. Adapun media konkret yang digunakan yaitu berupa miniature lingkungan rumah kotor. Desain penelitian dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan pertama reduksi data, kedua penyajian data, ketiga penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Pada hasil penelitian dapat diketahui selama proses pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning  berbantu media konkrit mendapatkan respon yang baik dengan aspek aktif, perasaan senang, partisipasi dan ketertarikan mendapatkan respon yang baik dengan presentasi rata-rata diatas  80%, model PBL mampu memberikan dampak positif membuat siswa dapat berfikir kritis dalam menyelesaiakn masalah. Model PBL merupakan salah satu variasi model pembelajaran yang baik untuk digunakan sehingga materi dapat mudah dipahami, dengan adanya model PBL berbantu media konkrit membantu meningkatkan minat belajar siswa

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Kesuma Dewi, C., Prayito, M. ., Purnamasari, I. ., & Kusniati, . S. . (2023). Analisis model PBL Berbantu Media Konkrit terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1508–1513. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13010

Most read articles by the same author(s)