Penerapan Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial/ Pedagogik Guru

Authors

  • Ade Irvan Margolang UIN Sumatera Utara Medan
  • Azwar Alamsyahdana UIN Sumatera Utara Medan
  • Dinda Aulia Sani UIN Sumatera Utara Medan
  • Marsyela Marsyela UIN Sumatera Utara Medan
  • Nurasha Alfahira UIN Sumatera Utara Medan
  • Sifa Maulida UIN Sumatera Utara Medan
  • Inom Nasution Uin Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13940

Abstract

Sebagai profesional, guru harus meningkatkan pengetahuan mereka melalui program pelatihan dan pengembangan yang diprakarsai oleh pemerintah dan studi mandiri. Pengembangan guru terjadi sebagai bagian dari pengembangan profesional dan karir. Pembinaan profesi seorang guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Dalam konstruksi yang dilakukan pengawas dan kepala sekolah, fakta di lapangan tidak sesuai dengan fungsinya. Meskipun secara teoretis sudah ada pihak yang mengontrol guru yaitu kepala sekolah. Supervisor sering menekankan pengendalian prosedur dan manajemen daripada isi pelatihan, melakukan pendampingan sementara, dan tidak diawasi.

Downloads

Published

2023-04-23

How to Cite

Margolang, A. I. ., Alamsyahdana, A. ., Sani, D. A. ., Marsyela, M., Alfahira, N., Maulida, S. ., & Nasution, I. . (2023). Penerapan Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial/ Pedagogik Guru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 44–50. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13940

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>