Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah SD Negeri 014628 Pematang Sei Baru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14653Abstract
Penelitian ini bertujuan : mengevaluasi tercapainya program pendidikan karakter pada sekolah dasar di Pematang Sei Baru, memberikan rekomendasi yang baik pada guru, sekolah, maupun pemerintah dalam perbaikan program pendidikan karakter. Jenis penelitian ini evaluasi program (evaluasi formatif) dengan pendekatan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) kesiapan sekolah dasar di SDN 014628 Pematang Sei Baru untuk mengimplementasikan pendidikan karakter baik, dinilai dari kurikulum yang telah terintegrasi pendidikan karakter, namun masih kurang dalam hal pengelolaan sarana prasarana pendukung dan banyak guru memerlukan lebih banyak pengetahuan dan keterampilan tentang pendidikan karakter; (2) implementasi pendidikan karakter belum tampak pada kegiatan pembelajaran; (3) dukungan dari pemerintah dalam sosialisasi atau pelatihan dirasa masih kurang oleh sekolah; (4) monitoring dan evaluasi pendidikan karakter masih terbatas pada kurikulum dan dilakukan melalui pembinaan pengawas di setiap sekolah; dan (5) kendala yang umum dihadapi sekolah adalah penilaian sikap siswa yang belum terdokumentasi, kurangnya pemahaman guru untuk mengimplementasikan pendidikan karakter, dan tidak adanya sinergi antara pendidikan di sekolah dengan pendidikan di rumah.Downloads
Published
2023-05-13
How to Cite
Nasution, I. ., Hartina, D. ., Hasanah, U. ., Ramadhani, . I., & Shori, H. R. (2023). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah SD Negeri 014628 Pematang Sei Baru . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 100–104. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14653
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Inom Nasution, Dwi Hartina, Uswatun Hasanah, Intan Ramadhani, Hulga Ryan Shori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).