Supervisi Dan Pengawasan Dalam Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13512Abstract
Dalam bidang pembelajaran serta pengajaran, dibutuhkan supervisor yang dapat berdialog dan menolong perkembangan individu serta profesi supaya tiap orang hadapi kenaikan individu serta profesi. Kepala sekolah mempunyai kewajiban buat mengendalikan jalannya sekolah serta pula bisa bekerja sama dan berhubungan erat dengan warga, membangkitkan semangat staf guru-guru serta pegawai sekolah buat bekerja lebih baik, membangun dan memelihara kekeluargaan, kekompakan serta persatuan antara guru- guru, pegawai serta murid- muridnya, meningkatkan kurikulum sekolah, mengetahui rencana sekolah serta ketahui gimana melakukannya, mencermati dan mengusahakan kesejahteraan guru- guru serta pegawainya. Supervisi bisa dilaksanakan oleh kepala sekolah yang berfungsi selaku supervisor, meski dalam sistem organisasi pembelajaran modern dibutuhkan supervisor spesial yang lebih independent, serta bisa tingkatkan objektivitas dalam pembinaan dan penerapan tugasnya. Guna pengawasan ataupun supervisi dalam pendidikan tidak cuma hanya kontrol memandang apakah seluruh aktivitas sudah dilaksanakan cocok dengan rencana serta program yang sudah di gariskan, namun lebh dari itu. Supervisi dalam pembelajaran memiliki penafsiran yang lebih luas. Kegiatan supervisi mencakup penentuan kondisi- kondisi ataupun syarat- syarat personel ataupun material yang dibutuhkan buat terciptanya suasana belajar- mengajar yang efisien, serta usaha penuhi syarat- syarat itu.Downloads
Published
2023-04-02
How to Cite
Dermawan, M. ., Nurroyian, N., Harahap, H. ., lubis, D. M. B. ., Suryadi, H. S. ., & Nasution, I. . (2023). Supervisi Dan Pengawasan Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2463–2470. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13512
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Muflih Dermawan, Nurroyian Nurroyian, Hasriyati Harahap, Dessy Masliani Br. lubis, Hasbih Sholeh Suryadi, Inom Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).