Supervisi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalan Guru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13873Abstract
Upaya yang dilakukan pemerintah terhadap pengembangan kompetensi sosial guru melalui banyak cara, salah satunya adalah dengan melakukan supervisi. Supervisi pendidikan dilakukan untuk memantau, mengawasi dan mengevaluasi kompetensi profesional guru dan tenaga kependidikan. Dalam hal ini supervisi pendidikan memiliki banyak kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. hal inilah yang mendasari penulis melakukan analisis tentang kompetensi profesional. kompetensi profesional adalah sikap yang harus dijadikan pedoman oleh tenaga pendidik. Lahirnya UU No. 10 mencontohkan upaya pemerintah untuk mempertahankan status profesi guru sebagai profesi yang bereputasi dan digemari. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen bertujuan untuk melindungi dan mengembangkan profesi guru. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru, seperti peningkatan kualifikasi dan persyaratan tenaga pengajar di perguruan tinggi dan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Program sertifikasi, pembentukan PKG (Pusat Kegiatan Guru), MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), dan KKG (Kelompok Kerja Guru) merupakan tambahan inisiatif pemerintah. Pengembangan kemandirian guru sangat penting dan memerlukan campur tangan pemerintah.Kata Kunci: Supervisi, Guru ProfesionalDownloads
Published
2023-04-14
How to Cite
Savitri, I., Marpaung, W. T. ., Habib, F. ., Nst, M. R. S. ., Sembiring, D. F. Y. ., Ramdhani, P. S., & Nasution, I. . (2023). Supervisi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalan Guru . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 26–34. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13873
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Intan Savitri, Wardatun Thaibah Marpaung, Fachri Habib, M. Rezi Syahbanda Nst, Desi Fitri Yani Sembiring, Putri Suci Ramdhani, Inom Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).