Supervisi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalan Guru

Authors

  • Intan Savitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Wardatun Thaibah Marpaung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fachri Habib Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • M. Rezi Syahbanda Nst Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Desi Fitri Yani Sembiring Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Putri Suci Ramdhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Inom Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13873

Abstract

Upaya yang dilakukan pemerintah terhadap pengembangan kompetensi sosial guru melalui banyak cara, salah satunya adalah dengan melakukan supervisi. Supervisi pendidikan dilakukan untuk memantau, mengawasi dan mengevaluasi kompetensi profesional guru dan tenaga kependidikan. Dalam hal ini supervisi pendidikan memiliki banyak kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. hal inilah yang mendasari penulis melakukan analisis tentang kompetensi profesional. kompetensi profesional adalah sikap yang harus dijadikan pedoman oleh tenaga pendidik. Lahirnya UU No. 10 mencontohkan upaya pemerintah untuk mempertahankan status profesi guru sebagai profesi yang bereputasi dan digemari. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen bertujuan untuk melindungi dan mengembangkan profesi guru. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru, seperti peningkatan kualifikasi dan persyaratan tenaga pengajar di perguruan tinggi dan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Program sertifikasi, pembentukan PKG (Pusat Kegiatan Guru), MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), dan KKG (Kelompok Kerja Guru) merupakan tambahan inisiatif pemerintah. Pengembangan kemandirian guru sangat penting dan memerlukan campur tangan pemerintah.Kata Kunci: Supervisi, Guru Profesional

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Savitri, I., Marpaung, W. T. ., Habib, F. ., Nst, M. R. S. ., Sembiring, D. F. Y. ., Ramdhani, P. S., & Nasution, I. . (2023). Supervisi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalan Guru . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 26–34. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13873

Most read articles by the same author(s)