Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa SDN Pandeanlamper 03 Semarang

Authors

  • Rizky Wulandari Universitas PGRI Semarang
  • Sri Suneki Universitas PGRI Semarang
  • Titik Haryati Universitas PGRI Semarang
  • Maryati Maryati SDN Pandeanlamper 03 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14158

Abstract

Pendidikan merupakan hak dasar yang berhak dimiliki oleh setiap individu. Di dalam pendidikan, Proses pembelajaran merupakan inti dari pendidikan yang diselenggarakan oleh suatu lembaga. Semakin efektif proses pembelajaran berlangsung, semakin baik pula hasilnya. Pendidikan abad 21 menuntut siswa untuk lebih aktif lagi sehingga siswa memiliki kecapakan 4C yang diperlukan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh guru untuk memenuhi hal tersebut adalah menggunakan model pembelajaran yang interaktif dan berpusat pada siswa. Penelian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas siswa. Penelitian dilaksanakan di SDN Pandeanlamper 03 Semarang dengan subyek penelitian guru kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Proyek dilaksanakan selama satu minggu. Indikator kreativitas siswa pada penelitian menggunakan teori milik Hamzah dan Masri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Project Based Learning (PjBL) menumbuhkan dua dari enam indikator kreativitas siswa yaitu indikator mampu menumbuhkan rasa ingin tahu serta indikator dapat memberikan banyak gagasan terhadap suatu masalah.

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Wulandari, R. ., Suneki, S. ., Haryati, T. ., & Maryati, M. (2023). Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa SDN Pandeanlamper 03 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4552–4556. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14158