Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa SDN Pandeanlamper 03 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14158Abstract
Pendidikan merupakan hak dasar yang berhak dimiliki oleh setiap individu. Di dalam pendidikan, Proses pembelajaran merupakan inti dari pendidikan yang diselenggarakan oleh suatu lembaga. Semakin efektif proses pembelajaran berlangsung, semakin baik pula hasilnya. Pendidikan abad 21 menuntut siswa untuk lebih aktif lagi sehingga siswa memiliki kecapakan 4C yang diperlukan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh guru untuk memenuhi hal tersebut adalah menggunakan model pembelajaran yang interaktif dan berpusat pada siswa. Penelian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas siswa. Penelitian dilaksanakan di SDN Pandeanlamper 03 Semarang dengan subyek penelitian guru kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Proyek dilaksanakan selama satu minggu. Indikator kreativitas siswa pada penelitian menggunakan teori milik Hamzah dan Masri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Project Based Learning (PjBL) menumbuhkan dua dari enam indikator kreativitas siswa yaitu indikator mampu menumbuhkan rasa ingin tahu serta indikator dapat memberikan banyak gagasan terhadap suatu masalah.Downloads
Published
2023-04-17
How to Cite
Wulandari, R. ., Suneki, S. ., Haryati, T. ., & Maryati, M. (2023). Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa SDN Pandeanlamper 03 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4552–4556. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14158
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Rizky Wulandari, Sri Suneki, Titik Haryati, Maryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).