Penerapan Pendidikan Karakter Terhadap Sosial Emosional Peserta Didik Kelas 4B SD Negeri Gayamsari 02
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12917Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) bagaimana Pendidikan karakter terhdapa sosial-emosional, 2) bagaimana Pendidikan sosial-emosional tercapai, 3) bagaimana upaya guru mengenai pedidikan karakter terhadap sosial-emosional siswa pada siswa kelas IVB SD Negeri gayamsari 02. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen, observasi, dan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kemampuan sosial emosional anak usia 9-12 tahun sudah memenuhi indikator pencapaian kemampuan sosial emosional dalam kegiatan Pendidikan karakter, tetapi ada sekitar 3 orang anak yang masih belum mencapai indikator kemampuan sosial emosional anak usia 9-12 tahun dikarenakan pada saat kegiatan pembelajarn Pendidikan karakter anak masih ada yang belum mematuhi peraturan dan belum mampu berinteraksi dengan teman sebaya. Selain itu kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan kegiatan Market Day ini yaitu kurangnya guru pendamping dalam kegiatan Market Day, guru masih memiliki kendala dalam pelaksanaan jual beli dan guru kurang menguasai lokasi kegiatan Market Day.Downloads
Published
2023-03-25
How to Cite
Janah, R. ., Damayani, A. T. ., Mudzatun, M., & Isnuryantono, E. . (2023). Penerapan Pendidikan Karakter Terhadap Sosial Emosional Peserta Didik Kelas 4B SD Negeri Gayamsari 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1689–1694. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12917
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Rodlatul Janah, Aries Tika Damayani, Mudzatun Mudzatun, Effendi Isnuryantono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).