Penerapan Pendidikan Karakter Terhadap Sosial Emosional Peserta Didik Kelas 4B SD Negeri Gayamsari 02

Authors

  • Rodlatul Janah Universitas PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani Universitas PGRI Semarang
  • Mudzatun Mudzatun Universitas PGRI Semarang
  • Effendi Isnuryantono Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12917

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) bagaimana Pendidikan karakter terhdapa sosial-emosional, 2) bagaimana Pendidikan sosial-emosional tercapai, 3) bagaimana upaya guru mengenai pedidikan karakter terhadap sosial-emosional siswa pada siswa kelas IVB SD Negeri gayamsari 02. Metode  pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan metode dokumen, observasi, dan  wawancara. Data yang telah  terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kemampuan sosial emosional anak usia 9-12 tahun sudah memenuhi indikator pencapaian kemampuan sosial emosional dalam kegiatan Pendidikan karakter, tetapi ada sekitar 3 orang anak yang masih belum mencapai indikator kemampuan sosial emosional anak usia 9-12 tahun dikarenakan pada saat kegiatan pembelajarn Pendidikan karakter anak masih ada yang belum mematuhi peraturan dan belum mampu berinteraksi dengan teman sebaya. Selain itu kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan kegiatan Market Day ini yaitu kurangnya guru pendamping dalam kegiatan Market Day, guru masih memiliki kendala dalam pelaksanaan jual beli dan guru kurang menguasai lokasi kegiatan Market Day.

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Janah, R. ., Damayani, A. T. ., Mudzatun, M., & Isnuryantono, E. . (2023). Penerapan Pendidikan Karakter Terhadap Sosial Emosional Peserta Didik Kelas 4B SD Negeri Gayamsari 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1689–1694. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12917