Efektivitas Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbasis Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD N 157 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12927Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah kartu kata bergambar berdasarkan analisis struktur sintetik (SAS) membantu siswa kelas I SD N 157 Palembang meningkatkan kemampuan membaca mereka. Desain kelompok kontrol pretest-posttest digunakan dalam penelitian kuantitatif ini. Purposive sampling digunakan untuk sampel penelitian. Siswa kelas 1B dan 1C yang memiliki nilai rendah namun belum mencapai nilai KKM menjadi subjek penelitian ini. Observasi, pengujian, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Uji t (uji t independen) digunakan untuk menguji hipotesis terhadap data yang diperoleh. Tes kemampuan membaca pendahuluan dengan menggunakan metode Synthetic Structural Analytic (SAS) berbasis kartu kata bergambar menghasilkan hasil belajar yang lebih tinggi pada siswa kelas eksperimen, dengan skor pretes 60 dan skor postes 77 dengan kategori tuntas, demikian temuan penelitian. . Sebaliknya, kelompok kontrol memiliki 92 skor posttest dan 52 skor pretest untuk kategori tidak tuntas. Hasil tes kelas eksperimen 8,57 > 0,095 juga didukung. Selain itu, metode Synthetic Structural Analytical (SAS) yang berbasis kartu kata bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca awal siswa kelas eksperimen jika nilai t hitung 8,123 > 2,021 yang merupakan uji t independent.Downloads
Published
2023-03-15
How to Cite
Nurjanah, S. R. ., Wardiah, D. ., & Fakhrudin, A. . (2023). Efektivitas Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbasis Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD N 157 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 742–749. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12927
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Siti Rahma Nurjanah, Dessy Wardiah, Ali Fakhrudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).