Efektivitas Strategi Pembelajaran Menyenangkan Berbasis Quantum Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 35 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11005Abstract
Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di semua jenjang pendidikan, dimana selama proses pembelajaran sering dirasa sebagai mata pelajaran yang jenuh dikarenakan selama proses pembelajaran kurangnya strategi guru dalam menggunakan model yang bervariasi sehingga interaksi menjadi kurang menyenangkan. Strategi pembelajaran menyenangkan berbasis quantum teaching and learning dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk membuat interaksi dalam kelas menjadi menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran menyenangkan berbasis quantum teaching and learning terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 35 palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan sampel kelas V C dan V D berjumlah 54 siswa yang di ambil dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan bantuan Microsoft Excel. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan rata-rata pretest 54,96 dan rata-rata post test 71,3. Sedangkan pada kelas control dengan rata-rata pretest 54,65 dan rata-rata posttest 62,4. Uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung sebesar 2,95 sedangkan ttabel sebesar 2,00 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran menyenangkan berbasis quantum teaching and learning sangat efektif terhadap hasil belajar siswa materi Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 35 palembang.Downloads
Published
2023-01-06
How to Cite
Hani, M. R. ., Riyoko, E. ., & Fakhrudin, A. . (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Menyenangkan Berbasis Quantum Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 35 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1117–1128. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11005
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mey Risa Hani, Endie Riyoko, Ali Fakhrudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).