Pengaruh Model Pembelajaran Resitasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lawang Kidul

Authors

  • Melinda Permadani Universitas PGRI Palembang
  • Dessy Wardiah Universitas PGRI Palembang
  • Yenny Puspita Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5497

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan pembelajaran yang ada di lingkup sekolah, dengan penggunaan model pembelajaran resitasi terhadap kemampuan menulis teks persuasif.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran resitasi terhadap kemampuan menulis teks persuasif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lawang Kidul.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil dari pengujian homogenitas didapatkan hasil Fhitung sebesar 0,57 dan Ftabel sebesar 4,00. Maka Fhitung Ftabel 0,57< 4,00 dapat disimpulkan pengujian homogenitas bersifat homogen. Sedangkan hasil dari pengujian hipotesis didapatkan hasil Thitung sebesar 1,830 dan Ttabel sebesar 1,67. Maka Thitung Ttabel 1,830 > 1,67 dapat disimpulkan pengujian hipotesis terbukti dengan Ho ditolak dan Ha diterima. Jumlah Thitung Ttabel maka data analisis bersifat homogen. Dengan kata lain, adanya “Pengaruh Model Pembelajaran Resitasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lawang Kidul” .

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Permadani, M., Wardiah, D. ., & Puspita, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Resitasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lawang Kidul. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1616–1623. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5497