Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi IPA Kelas 5 Sd Negeri 23 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10463Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa materi IPA kelas 5 SD Negeri 23 Palembang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif bersifat eksperimen dengan mengunakan desain yaitu True Experimental Design. Populasi dalam penelitian seluruh kelas 5 yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 104 orang. Penentukan sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling sehingga terdapat 2 kelas yaitu kelas 5.B sebagai kelas eksperimen dan kelas 5.C sebagai kelas kontrol. Bentuk teknik pengambilan data yaitu tes, observasi dan dokumentas. Teknik analisa data untuk mengetahui hasil dari uji T dan uji N-gain. Hasil uji hipotesis yang di peroleh thitung 5,835 ? ttabel 2,008 sehingga diperoleh Ho di tolak dan Ha diterima, dan dilihat dari hasil uji N-gain yang diperoleh nilai rata-rata kelas ekseperimen 536.339,sedangkan nilai rata-rata N-Gain untuk kelas kontrol 320.334. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar IPA kelas 5 SD Negeri 23 Palembang adalah efektif.Downloads
Published
2022-12-21
How to Cite
Ocha Zul Pita Sari, Heldayani , E. ., & Fakhrudin, A. . (2022). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi IPA Kelas 5 Sd Negeri 23 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12379–12385. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10463
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ocha Zul Pita Sari, Eni Heldayani , Ali Fakhrudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).