Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi IPA Kelas 5 Sd Negeri 23 Palembang

Authors

  • Ocha Zul Pita Sari Universitas PGRI Palembang
  • Eni Heldayani Universitas PGRI Palembang
  • Ali Fakhrudin Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10463

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa materi IPA kelas 5 SD Negeri 23 Palembang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif  bersifat eksperimen dengan mengunakan desain yaitu True Experimental Design. Populasi dalam penelitian seluruh kelas 5 yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 104 orang. Penentukan sampel penelitian menggunakan teknik  Simple  Random Sampling sehingga terdapat  2 kelas yaitu kelas 5.B sebagai kelas eksperimen dan kelas 5.C sebagai kelas  kontrol. Bentuk teknik pengambilan data yaitu tes, observasi dan dokumentas. Teknik analisa data untuk mengetahui hasil dari uji T dan uji N-gain. Hasil uji hipotesis yang di peroleh thitung 5,835 ? ttabel 2,008 sehingga diperoleh Ho di tolak dan Ha diterima, dan dilihat dari hasil uji N-gain yang diperoleh nilai rata-rata kelas ekseperimen 536.339,sedangkan nilai rata-rata N-Gain untuk kelas kontrol 320.334. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar IPA kelas 5 SD Negeri 23 Palembang adalah efektif.

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

Ocha Zul Pita Sari, Heldayani , E. ., & Fakhrudin, A. . (2022). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi IPA Kelas 5 Sd Negeri 23 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12379–12385. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10463

Most read articles by the same author(s)