Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbasis Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi IPA Kelas IV MIN 3 Lahat

Authors

  • Aulia Agustina Universitas PGRI Palembang
  • Ilham Arvan Junaidi Universitas PGRI Palembang
  • Ali Fakhrudin Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9752

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilaksanakan di MIN 3 Lahat menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah dikarenakan siswa belum dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran dan belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai, serta kurangnya pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbasis lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa materi IPA kelas IV MIN 3 Lahat. Penelitian ini menggunakanquasi experimental design berbentuk nonequivalent control group design. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest sebesar 64.88, dan rata-rata posttest sebesar 82.5. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 61.28, dan rata-rata posttest sebesar 70.9. Berdasarkan uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung sebesar 3.93 sedangkan ttabel sebesar 1.99 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Bedasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbasis lingkungan sekolah efektif secara signifikan terhadap hasil belajar siswa materi IPA kelas IV MIN 3 Lahat.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Agustina, A., Junaidi, I. A. ., & Fakhrudin, A. . (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbasis Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi IPA Kelas IV MIN 3 Lahat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9384–9387. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9752

Most read articles by the same author(s)