Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dalam Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 1 Palembang

Authors

  • Devi Atika Sari Universitas PGRI Palembang
  • Dessy Wardiah Universitas PGRI Palembang
  • Siti Rukiyah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7653

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) menulis puisi pada siswa kelas X SMK PGRI 1 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) menulis puisi pada siswa kelas X SMK PGRI 1 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan desain Posttest-Only Control Design serta populasi penelitian yaitu 177 dan sampel 57 orang (28 kelas X OTP 1 dan 29 kelas X OTP 2). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes esai dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa Nilai signifikan = 0,000 > 0,05, sehingga Ho ditolak dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan model Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK PGRI 1 Palembang.

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Sari, D. A. ., Wardiah, D. ., & Rukiyah, S. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dalam Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6108–6115. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7653