Kematangan Emosi Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SMP Negeri 25 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11463Abstract
Pandemi Covid 19 mengakibatkan perubahan dalam berbagai tatanan kehidupan termasuk pembelajaran. Awal pandemi, pembelajaran dilakukan secara daring dan selanjutnya bertahap menjadi pembelajaran tatap muka (PTM). perubahan system ini membuat siswa mengalami stres cenderung memiliki emosi yang meledak-ledak dan terkadang sulit untuk mengendalikan emosinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kematangan emosi siswa terhadap pembelajaran tatap muka (PTM). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 25 Pekanbaru. Sampel penelitian sebanyak 212 siswa dan diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara mengukur aspek penyesuaian diri menggunakan kuesioner skala linker. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan pada 30 responden. Hasil uji validitas menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment dengan nilai tiap item diatas 0,355 dan uji reliabilitas menggunakan alpha Cronbach dengan nilai 0,834. Analisis data menggunakan distribusi frekuesi dan persentase. Hasil Penelitian ini menunjukan tingkat kematangan emosi siswa secara umum berada pada kategori tinggi.Downloads
Published
2023-01-18
How to Cite
putra, M. A. ., Umari, T. ., & Yakub, E. . (2023). Kematangan Emosi Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SMP Negeri 25 Pekanbaru . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4345–4351. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11463
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 M.rezky Ade putra, Tri Umari, Elni Yakub
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).