Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Sikap Siswa Dalam Perencanaan Karir Di SMA Negeri 1 Kepenuhan Hulu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13051Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal terhadap sikap siswa dalam perencanaan Karir Di SMA Negeri 1 Kepenuhan Hulu. Sikap adalah kecenderungan untuk bertindak secara suka atau tidak suka terhadap objek. Pada hal ini, kesediaan akan menolak atau menerima suatu objek berdasarkan penilaian terhadap objek tersebut.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre- eksperimen design. Dengan tipe penelitian one group pretest-posttest design pre- eksperimental design tipe one group pretest-posttest. Alat pengumpulan data ialah kuisioner Sikap Siswa Dalam Perencanaan Karir . Berjumlah 31 item yang disusun oleh peneliti. Kuesioner disusun berdasarkan 3 aspek sikap siswa dalam perencanaan karir, yaitu : (1) Kognitif, (2) Afektif, (3) Konatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap siswa dalam perencanaan karir di SMA negeri 1 kepenuhan hulu sebelum diberikan bimbingan klasikal berada pada kategori sangat tidak setuju karena sebagian dari mereka belum mampu memahami dirinya sendiri. Sedangkan setelah diberikannya bimbingan klasikal berada pada kategori setuju karena sebagian dari merekan sudah mengetahui minat dan bakat yang ada pada dirinya dan sudah mampu untuk menyusun pilihan karir dimasa depan.Downloads
Published
2023-03-19
How to Cite
Widyanti, S. ., Yakub, E. ., & Khadijah, K. (2023). Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Sikap Siswa Dalam Perencanaan Karir Di SMA Negeri 1 Kepenuhan Hulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1137–1147. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13051
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Satri Widyanti, Elni Yakub, Khariyah Khadijah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).