Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Sikap Siswa Dalam Perencanaan Karir Di SMA Negeri 1 Kepenuhan Hulu

Authors

  • Satri Widyanti Universitas Riau
  • Elni Yakub Universitas Riau
  • Khariyah Khadijah Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13051

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal terhadap sikap siswa dalam perencanaan Karir Di SMA Negeri 1 Kepenuhan Hulu. Sikap adalah kecenderungan untuk bertindak secara suka atau tidak suka terhadap objek. Pada hal ini, kesediaan akan menolak atau menerima suatu objek berdasarkan penilaian terhadap objek tersebut.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre- eksperimen design. Dengan tipe penelitian one group pretest-posttest design pre- eksperimental design tipe one group pretest-posttest. Alat pengumpulan data ialah kuisioner Sikap Siswa Dalam Perencanaan Karir . Berjumlah 31 item yang disusun oleh peneliti. Kuesioner disusun berdasarkan 3 aspek sikap siswa dalam perencanaan karir, yaitu : (1) Kognitif, (2) Afektif, (3) Konatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap siswa dalam perencanaan karir di SMA negeri 1 kepenuhan hulu sebelum diberikan bimbingan klasikal berada pada kategori sangat tidak setuju karena sebagian dari mereka belum mampu memahami dirinya sendiri. Sedangkan setelah diberikannya bimbingan klasikal berada pada kategori setuju karena sebagian dari merekan sudah mengetahui minat dan bakat yang ada pada dirinya dan sudah mampu untuk menyusun pilihan karir dimasa depan.

Downloads

Published

2023-03-19

How to Cite

Widyanti, S. ., Yakub, E. ., & Khadijah, K. (2023). Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Sikap Siswa Dalam Perencanaan Karir Di SMA Negeri 1 Kepenuhan Hulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1137–1147. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13051

Most read articles by the same author(s)