Pengaruh Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9531Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMK yang memiliki kemandirian belajar kategori rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji beda paired sample t-test dan uji regresi linear sederhana. Adapun hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah sebelum diberikan bimbingan klasikal kemandirian belajar siswa sebagian besar berada pada kategori rendah dan setelah diberikan bimbingan klasikal kemandirian belajar siswa berada pada kategori tinggi. Terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan klasikal dengan nilai probability 0.000 yang artinya terdapat pengaruh bimbingan klasikal untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa sebesar 23%.Downloads
Published
2022-11-30
How to Cite
Tirtha, K. M. ., Umari, T. ., & Yakub, E. . (2022). Pengaruh Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7523–7529. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9531
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Kintan Melati Tirtha, Tri Umari, Elni Yakub
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).