Kematangan Emosi Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SMP Negeri 25 Pekanbaru

Authors

  • M.rezky Ade putra Universitas riau
  • Tri Umari Universitas Riau
  • Elni Yakub Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11463

Abstract

Pandemi   Covid   19   mengakibatkan   perubahan   dalam   berbagai   tatanan   kehidupan   termasuk pembelajaran. Awal pandemi, pembelajaran dilakukan secara daring dan selanjutnya bertahap menjadi pembelajaran tatap muka (PTM). perubahan system ini membuat siswa mengalami stres cenderung memiliki emosi yang meledak-ledak dan terkadang sulit untuk mengendalikan emosinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kematangan emosi siswa terhadap pembelajaran tatap muka (PTM). Jenis penelitian  ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 25 Pekanbaru. Sampel penelitian  sebanyak 212 siswa dan diambil dengan  teknik  proportionate stratified random sampling. Teknik  pengumpulan  data dengan cara mengukur aspek penyesuaian diri menggunakan kuesioner skala linker. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan pada 30 responden. Hasil uji validitas menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment dengan nilai tiap item diatas 0,355 dan uji reliabilitas menggunakan alpha Cronbach dengan nilai 0,834. Analisis  data menggunakan distribusi  frekuesi  dan  persentase. Hasil Penelitian ini menunjukan tingkat kematangan emosi siswa secara umum berada pada kategori tinggi.

Downloads

Published

2023-01-18

How to Cite

putra, M. A. ., Umari, T. ., & Yakub, E. . (2023). Kematangan Emosi Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SMP Negeri 25 Pekanbaru . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4345–4351. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11463