Perbedaan Perkembangan Moral Siswa Laki-Laki Dan Perempuan di SMAN Olahraga Provinsi Riau
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9788Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan moral siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa SMA. Teknik pengumpulan data menggunakan angket perkembangan moral atau DIT (Defining issues test). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif uji beda independent sample t-test. Adapun hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah siswa laki-laki memiliki perkembangan moral pada tingkat 1 pra-konvensional tahap 2 orientasi hedonistic-instrumental dan siswa perempuan memiliki perkembangan moral pada tingkat 2 konvensional tahap 3 orientasi anak yang baik. Terdapat perbedaan perkembangan moral siswa laki-laki dan perempuan dibuktikan dengan nilai probability 0.000 yang berarti hipotesis penelitian ini dapat diterima.Downloads
Published
2022-12-06
How to Cite
Oktovia, S. ., Yakub, E. ., & Umari, T. . (2022). Perbedaan Perkembangan Moral Siswa Laki-Laki Dan Perempuan di SMAN Olahraga Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8992–8999. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9788
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sarlina Oktovia, Elni Yakub, Tri Umari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).