Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas 5 SDN 064996 Kecamatan Medan Marelan

Authors

  • Aufa Aufa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Adinda Rahmah Rangkuti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Arfatussalamah Tanjung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Trisna Pratiwi Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dina Aulia Yudistira Munthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Syahrani Yumna Irfani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11360

Abstract

Penerapan metode pembelajaran eksperimen pada mata pelajaran IPA sebenarnya tergantung dari materi yang sedang dipelajari. Tidak semua materi harus menggunakan metode eksperimen namun diperlukan kebijaksanaan guru dalam memilih metode yang tepat saat pembelajaran sedang berlangsung. Pembelajaran IPA dianggap lebih efektif jika gaya mengajar seorang guru kepada peserta didik menggunakan metode pembelajaran yaitu metode eksperimen. Maka dari itu perlu peningkatan kualitas pendidik untuk mengimplementasikan metode-metode pembelajaran IPA terutama pada metode eksperimen. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan metode pembelajaran melalui eksperimen pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk meneliti, mengamati, dan menyelidiki subjek terhadap suatu objek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil proses belajar siswa kelas 5 SDN 064996 Kecamatan Medan Marelan. (2) Efektivitas penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA. (3) Langkah-langkah penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA terhadap siswa.

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Aufa, A., Rangkuti, A. R. ., Tanjung, A. ., Hasibuan, T. P. ., Munthe, D. A. Y. ., & Irfani, S. Y. . (2023). Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas 5 SDN 064996 Kecamatan Medan Marelan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2513–2517. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11360

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>