Identifikasi Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Pada Kelas 4 di SDS Mardliatul Islamiyah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11223Abstract
Pembelajaran bisa berlangsung dengan efektif jika dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui penyampaian informasi dan aktivitas yang dirancang untuk membantu peserta didik memhami pelajaran dengan mudah dan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran IPA yang berlangsung pada kelas 4 di SDS Mardliatul Islamiyah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memahami dan memaknai subjek serta memberikan gambaran gejala yang tampak. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi satau pengamatan langsung di lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa Pelaksanaan proses pelajaran IPA pada kelas 4 sama seperti proses pembelajaran pada umumnya yang dilakukan melalui beberapa langkah yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Guru menyampaikan pelajaran menggunakan model dan metode. Pemahaman siswa terkait pelajaran IPA masih kurang baik dikarenakan kurangnya fokus mereka terhadap informasi yang disampaikan guru dan beberapa kendala ditemukan seperti tidak adanya alat atau media pembelajaran yang digunakan.Downloads
Published
2023-01-08
How to Cite
Nadhifah, D. N., Aufa, A., Prastiwi, T. S. ., Damayanti, E. ., Bilqish, A. ., & Heriadi, H. . (2023). Identifikasi Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Pada Kelas 4 di SDS Mardliatul Islamiyah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1830–1835. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11223
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dinah Nadhifah, Aufa, Try Suci Prastiwi, Erina Damayanti, Alifia Bilqish, Harits Heriadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).