Penggunaan Media Audio Visual sebagai Motivasi Belajar Siswa di SDS Al Ikhlash Taqwa Sukaramai
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11304Abstract
Motivasi belajar dapat diartikan sebagai daya pendorong untuk melakukan aktivitas belajar tertentu yang berasal dari dalam diri dan juga dari luar individu sehingga menumbuhkan semangat dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran audio visual sebagai motivasi belajar siswa SD kelas 4 salah satunya di sekolah SDS AL IKHLAS TAQWA sukaramai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan instrument penelitian melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini menjelaskan dan menggambarkan bahwa dengan penggunaaan media pembelajaran audio visual di SDS AL IKHLASH TAQWA sukaramai sebagai motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, salah satunya media audio visual. Pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran dapat berpengaruh, ketika siswa menilai bahwa apa yang di tampilkan oleh guru itu menarik maka ia akan terdorong atau merasa tertantang untuk mengetahui apa yang akan di sampaikan oleh guru sehingga proses belajar akan menjadi lebih menyenangkan. Di SDS AL IKHLAS TAQWA tidak hanya menggunakan media visual saja, tetapi juga menggunakan media buku dan gambar. Dengan demikian pentingnya ada media dalam proses pembelajaran.Downloads
Published
2023-01-10
How to Cite
Nadia, N., Aufa, A., Lestari, N., Harry, K. D. ., & Khadijah, S. . (2023). Penggunaan Media Audio Visual sebagai Motivasi Belajar Siswa di SDS Al Ikhlash Taqwa Sukaramai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2252–2257. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11304
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nadia, Aufa, Neha Lestari, Khairunnisa Dwi Harry, Siti Khadijah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).