Implementasi Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA Sumber Energi Matahari Pada Kelas IV SDN 105269 Sei Beras Sekata
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9753Abstract
Ruang lingkup proses pembelajaran bukan hanya mengingat atau mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan guru saat di dalam kelas. Akan tetapi juga termasuk dalam perubahan perilaku peserta didik yang bisa dilakukan dengan cara melakukan eksperimen. Metode Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menerapkan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dan yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 105269 Sei Beras Sekata yang berjumlah 12 orang. Pemahaman peseta didik yang dilihat dari hasil belajar peserta didik dan foto saat proses pembelajaran dijadikan sebagai data pada penelitian ini. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tindakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah mendapatkan data. Hasil penelitian hanya berfokus pada pengamatan dengan melibatkan peserta didik secara langsung.Downloads
Published
2022-12-06
How to Cite
Ihsan, A. F. ., Siregar, H. ., Rangkuti, M. I. ., Fatimah, S. ., & Aufa, A. (2022). Implementasi Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA Sumber Energi Matahari Pada Kelas IV SDN 105269 Sei Beras Sekata. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8789–8795. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9753
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Al Fathar Ihsan, Hidayati Siregar, Mutiara Indriani Rangkuti, Siti Fatimah, Aufa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).