Analysis Of Strategy of The School Principal In Improving Teacher's Pedagogical Competence In Elementary Schools

Authors

  • Umar Umar Universitas Mataram
  • Prayogi Dwina Angga Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11351

Abstract

Kompetensi guru menjadi faktor utama dalam menunjang keberhasilan proses pendidikan. Hal ini karena guru menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan pendidikan. Salah satu kompetensi yang wajib dimiliki guru adalah kompetensi pedagogik. Melalui kompetensi pedagogic guru mampu mengajar dengan baik di kelas. Kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah memiliki peranan penting dalam upaya meningkatkan kompetensi pedagogic guru di sekolah. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di sekolah dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah di salah satu SDN di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data menggunakan tahapan analisis dari Milles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan kepala sekolah adalah: (1) Membangun motivasi guru dengan cara memberi arahan, berdiskusi, dan memberikan penghargaan. (2) Melakukan supervisi. (3) mendorong guru untuk mengikuti pelatihan, baik yang diselenggarakan di dalam sekolah mapun di luar sekolah. (4) mendorong guru agar terlibat aktif dalam musyarawah guru mata pelajaran.

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Umar, U., & Angga, P. D. . (2023). Analysis Of Strategy of The School Principal In Improving Teacher’s Pedagogical Competence In Elementary Schools. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2451–2454. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11351

Most read articles by the same author(s)