Analysis Of Strategy of The School Principal In Improving Teacher's Pedagogical Competence In Elementary Schools
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11351Abstract
Kompetensi guru menjadi faktor utama dalam menunjang keberhasilan proses pendidikan. Hal ini karena guru menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan pendidikan. Salah satu kompetensi yang wajib dimiliki guru adalah kompetensi pedagogik. Melalui kompetensi pedagogic guru mampu mengajar dengan baik di kelas. Kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah memiliki peranan penting dalam upaya meningkatkan kompetensi pedagogic guru di sekolah. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di sekolah dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah di salah satu SDN di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data menggunakan tahapan analisis dari Milles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan kepala sekolah adalah: (1) Membangun motivasi guru dengan cara memberi arahan, berdiskusi, dan memberikan penghargaan. (2) Melakukan supervisi. (3) mendorong guru untuk mengikuti pelatihan, baik yang diselenggarakan di dalam sekolah mapun di luar sekolah. (4) mendorong guru agar terlibat aktif dalam musyarawah guru mata pelajaran.Downloads
Published
2023-01-11
How to Cite
Umar, U., & Angga, P. D. . (2023). Analysis Of Strategy of The School Principal In Improving Teacher’s Pedagogical Competence In Elementary Schools. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2451–2454. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11351
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Umar, Prayogi Dwina Angga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).