Analisis Kemampuan Siswa SD Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat Selama Belajar Dari Rumah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4599Abstract
Pemahaman tentang operasi hitung bilangan bulat menjadi sangat penting untuk dipahami siswa. Hal ini karena operasi hitung bilangan bulat merupakan fondasi atau dasar untuk bisa memahami konsep matematika yang lebih tinggi. Hampir tidak ada konsep dalam matematika yang tidak membutuhkan kemampuan operasi hitung bilangan bulat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat dan mengidentifikasi jenis operasi hitung yang dipahami dan yang belum dipahami oleh siswa selama kegiatan belajar dari rumah. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MI Raudhatul Jannah yang terdiri 25 siswa yaitu siswa kelas IV dan kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan selanjutnya dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilang bulat selama belajar dari rumah berada pada kategori rendah dan sangat rendah. Jenis kemampuan operasi hitung yang sudah dipahami siswa selama belajar dari rumah yaitu operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Jenis kemampuan operasi hitung yang belum dipahami oleh siswa selama belajar dari rumah adalah operasi hitung perkalian, operasi hitung pembagian dan operasi hitung campuran.Downloads
Published
2022-06-11
How to Cite
Umar, U., & Maulyda, M. A. (2022). Analisis Kemampuan Siswa SD Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat Selama Belajar Dari Rumah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 987–991. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4599
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Umar Umar, Mohammad Archi Maulyda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).