Analisis Kemampuan Siswa SD Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat Selama Belajar Dari Rumah

Authors

  • Umar Umar Universitas Mataram
  • Mohammad Archi Maulyda Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4599

Abstract

Pemahaman tentang operasi hitung bilangan bulat menjadi sangat penting untuk dipahami siswa. Hal ini karena operasi hitung bilangan bulat merupakan fondasi atau dasar untuk bisa memahami konsep matematika yang lebih tinggi. Hampir tidak ada konsep dalam matematika yang tidak membutuhkan kemampuan operasi hitung bilangan bulat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat dan mengidentifikasi jenis operasi hitung yang dipahami dan yang belum dipahami oleh siswa selama kegiatan belajar dari rumah. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MI Raudhatul Jannah yang terdiri 25 siswa yaitu siswa kelas IV dan kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan selanjutnya dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilang bulat selama belajar dari rumah berada pada kategori rendah dan sangat rendah. Jenis kemampuan operasi hitung yang sudah dipahami siswa selama belajar dari rumah yaitu operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Jenis kemampuan operasi hitung yang belum dipahami oleh siswa selama belajar dari rumah adalah operasi hitung perkalian, operasi hitung pembagian dan operasi hitung campuran.

Downloads

Published

2022-06-11

How to Cite

Umar, U., & Maulyda, M. A. (2022). Analisis Kemampuan Siswa SD Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat Selama Belajar Dari Rumah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 987–991. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4599

Most read articles by the same author(s)