Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengukur Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6654Abstract
Aktivitas belajar merupakan salah satu bagian penting dalam proses pembelajaran. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar yang didapatkan. Keseriusan siswa dalam belajar dapat diukur melalui besarnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Semakin besar keterlibatan siswa dalam belajar maka peluang kesuksesan belajar yang didapatkan semakin besar pula. Hasil studi pendahuluan pada salah satu sekolah dasar di kabupaten Lombok Barat mengindikasikan bahwa sejumlah guru masih mengalami kesulitan dalam mengukur aktivitas belajar siswa terutama pada pembelajaran jarak jauh. Untuk mengetahui lebih mendalam tentang fenomena yang terjadi maka perlu dilakukan penelitian lanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan guru mengalami kesulitan dalam mengukur aktivitas belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar. Penelitian dilakukan pada salah satu sekolah dasar di kabupaten Lombok Barat. Pengumpulan data menggunakan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara. Hasil penelitian menemukan fakta bahwa kesulitan guru dalam mengukur aktivitas belajar siswa dikarenakan beberapa faktor, antara lain: Pertama, belum adanya instrument khusus yang dapat digunakan guru untuk mengukur aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Kedua, belum adanya kolaborasi antara guru dengan orang tua untuk menilai aktivitas belajar siswa.Downloads
Published
2022-09-11
How to Cite
Widodo, A., Prayogi Dwina, A., Syazali, M., & Umar, U. (2022). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengukur Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1278–1282. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6654
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Arif Widodo, Angga Prayogi Dwina, Muhammad Syazali, Umar Umar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).