Implementasi Pendidikan Demokrasi di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6362Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji secara lebih komprehensif tentang pelaksanaan pendidikan demokrasi di sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode telaah pustaka. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode pengumpulan data dengan mengambil data di pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian. Data-data yang diperoleh dituangkan ke dalam sub bab-sub bab sehingga menjawab rumusan masalah penelitian. Proses pengambilan data dilakukan dengan 1) memiliki ide umum mengenai topik penelitian. 2) mencari informasi yang mendukung topik. 3) Pertegas fokus penelitian. 4) Mencari dan menemukan bahan bacaan yang diperlukan dan mengklasifikasikan bahan bacaan. 5) membaca dan membuat catatan penelitian. 6) Mereview dan memperkaya lagi bahan bacaan. 7) Mengklasifikasi lagi bahan bacaan dan mulai menulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil kajian menyimpulkan bahwa: a) penanaman nilai demokrasi pada level kelas memerlukan iklim kelas yang trasparan dan toleran dalam segala perbedaan, baik sikap maupun pendapat dari siswa; b) nuansa demokrasi dalam kegiatan pembelajaran dapat diwujudkan dengan mengembangkan dan menggunakan model-model pembelajaran semisal model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran berbasis masalah (PBM); c) Iklim yang demokratis dalam aspek kelembagaan di sekolah dapat diakomodir oleh manajemen berbasis sekolah (MBS); d) internalisasi nilai-nilai demokrasi di sekolah tergantung dari kultur sekolah.Downloads
Published
2022-08-30
How to Cite
Sobri, M. ., & Umar, U. (2022). Implementasi Pendidikan Demokrasi di Sekolah . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6174–6181. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6362
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Sobri sobri, Umar Umar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).