Implementasi Pendidikan Demokrasi di Sekolah

Authors

  • Muhammad Sobri Universitas Mataram
  • Umar Umar Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6362

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji secara lebih komprehensif tentang pelaksanaan pendidikan demokrasi di sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode telaah pustaka. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode pengumpulan data dengan mengambil data di pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian.  Data-data yang diperoleh dituangkan ke dalam sub bab-sub bab sehingga menjawab rumusan masalah penelitian.  Proses pengambilan data dilakukan dengan 1) memiliki ide umum mengenai topik penelitian. 2) mencari informasi yang mendukung topik. 3) Pertegas fokus penelitian. 4) Mencari dan menemukan bahan bacaan yang diperlukan dan mengklasifikasikan bahan bacaan. 5) membaca dan membuat catatan penelitian. 6) Mereview dan memperkaya lagi bahan bacaan. 7) Mengklasifikasi lagi bahan bacaan dan mulai menulis.  Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil kajian menyimpulkan bahwa: a) penanaman nilai demokrasi pada level kelas memerlukan iklim kelas yang trasparan dan toleran dalam segala perbedaan, baik sikap maupun pendapat dari siswa; b) nuansa demokrasi dalam kegiatan pembelajaran dapat diwujudkan dengan mengembangkan dan menggunakan model-model pembelajaran semisal model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran berbasis masalah (PBM); c) Iklim yang demokratis dalam aspek kelembagaan di sekolah dapat  diakomodir oleh manajemen berbasis sekolah (MBS); d) internalisasi nilai-nilai demokrasi di sekolah tergantung dari kultur sekolah.

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Sobri, M. ., & Umar, U. (2022). Implementasi Pendidikan Demokrasi di Sekolah . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6174–6181. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6362

Most read articles by the same author(s)