Problematika Pembelajaran Literasi di Era Pandemi: Studi Kasus Pada Sekolah Dasar di Wilayah Urban Fringe Lombok Tengah

Authors

  • Umar Umar Universitas Mataram
  • Arif Widodo Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3843

Abstract

Pembelajaran dimasa pandemi tidaklah mudah. Terlebih lagi pembelajaran literasi di sekolah dasar. Literasi merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa. Literasi adalah kunci utama agar siswa dapat membuka pengetahuan yang lebih luas. Tanpa literasi dasar dapat dipastikan siswa akan terhambat dalam mengikuti pembelajaran di level berikutnya. Permasalahannya adalah guru tidak dapat melakukan pembelajaran secara maksimal seiring dengan adanya pandemi. Pembatasan kegiatan pembelajaran di sekolah selama pandemi merupakan salah satu penyebabnya. Salah satu dampaknya adalah kemamppuan literasi siswa menjadi lemah. Salah satu indikatornya adalah banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan apa saja yang dihadapi guru dalam pembelajaran literasi diera pandemi yang berdampak pada rendahnya kemampuan literasi siswa. Penelitian ini dilakukan pada salah satu sekolah dasar yang berada di wilayah Urban Fringe kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Problematika pembelajaran literasi di era pandemi yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain: kurangnya intensitas belajar tatap muka di sekolah, etos belajar siswa menurun, dukungan orang tua dalam pembelajaran kurang, dan keterbatasan kemampuan guru dan siswa dalam penggunaan media pembelajaran jarak jauh.

Downloads

Published

2022-03-07

How to Cite

Umar, U., & Arif Widodo. (2022). Problematika Pembelajaran Literasi di Era Pandemi: Studi Kasus Pada Sekolah Dasar di Wilayah Urban Fringe Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 42–45. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3843

Most read articles by the same author(s)