Evaluasi Proses Belajar Mengajar Matakuliah Bermain dan Permainan Anak Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6927

Abstract

Evaluasi pengajaran merupakan langkah yang efektif untuk meningkatkan kualitas pengajaran, meningkatkan kualitas pengajaran guru, dan mencapai pengelolaan pembelajaran yang ilmiah dan sistematis. Studi ini menggali informasi yang berkaitan dengan proses belajar mengajar melalui evaluasi ekstensif pada matakuliah bermain dan permainan anak Sekolah Dasar yang menjadi salah satu matakuliah di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu keadaan tertentu dari objek yang akan diteliti. Secara lebih khusus penelitian ini akan menggambarkan kondisi apa adanya tentang evaluasi proses belajar mengajar (PBM) pada matakuliah bermain dan permainan anak SD di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram. Hasil evaluasi yang telah dilakukan pada matakuliah ini menunjukkan bahwa seluruh rangkaian proses belajar yang dilakukan telah dirasakan sangat baik dan bermakna oleh mahasiswa. Seluruh proses belajar mengajar yang dikemas dalam bentuk pembelajaran aktif (active learning) dengan memadukan teori dan praktik dapat dipertanggungjawabkan efekivitas dan efisiensinya serta dapat terlaksana dengan terarah dan terukur sesuai dengan Standar Capaian Pembelajaran Lulusan (SCPL) yang termaktub pada matakuliah bermain dan permainan anak Sekolah Dasar.

Author Biography

Prayogi Dwina Angga, Universitas Mataram

Prgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Downloads

Published

2022-09-19

How to Cite

Angga, P. D., & Kardiyanto, D. W. (2022). Evaluasi Proses Belajar Mengajar Matakuliah Bermain dan Permainan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2182–2194. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6927