Pengaruh Kegiatan Bank Mini Terhadap Pengetahuan Literasi Keuangan Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyayah Bustanul Athfal Kabupaten Kuantan Singingi

Authors

  • Welda Yuniza Universitas Riau
  • Ria Novianti Universitas Riau
  • Yeni Solfiah Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10436

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan literasi keuangan anak usia 5-6 tahun sebelum dan sesudah diberikan perlakuan kegiatan bank mini di TK Aisyiyah Bustanul Kabupaten Kuantan Singingi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen murni menggunakan dua kelas. Populasi penelitian adalah 40 anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kabupaten Kuantan Singingi, sampel yang digunakan adalah keseluruhan anak yaitu 20 anak TK B1 dan 20 anak TK B2. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa pengetahuan literasi keuangan anak sebelum perlakuan pada kelas kontrol dengan persentase 47,22% dan kelas eksperimen 46,11% kemudian diberikan perlakuan terhadap kelas eksperimen meningkat dengan persentase 84,44% sedangkan kelas kontrol tidak mendapat perlakuan dengan persentase 66,11%. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui data primer yaitu dilakukan secara langsung oleh peneliti.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Yuniza, W. ., Novianti, R. ., & Solfiah, Y. . (2022). Pengaruh Kegiatan Bank Mini Terhadap Pengetahuan Literasi Keuangan Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyayah Bustanul Athfal Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12225–12238. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10436

Most read articles by the same author(s)