Peran Psikologi Manajemen dalam Membangun Lingkungan Kerja yang Kondusif di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10239Abstract
Psikologi manajemen adalah sebuah studi manajemen yang menggunakan pendekatan psikologis dalam memahami karakter setiap manusia dalam organisasi. Faktor psikologis akan berpengaruh terhadap Kinerja, pola komunikasi dan interaksi setiap individu di lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran psikologi manajeman dalam membangun lingkungan kerja yang kondusif disekolah. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dari berbagai macam buku, artikel, dan laporan penelitian. Hasil dari studi kepustakaan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Lingkungan kerja yang kondusif hanya dapat dibentuk melalui praktek kepemimpinan yang baik. Praktek kepemimpinan yang baik dapat dilihat dari bagaimana pemimpin mengelola pola komunikasi dan interaksi dalam memenuhi kebutuhan dan harapan setiap individu. Pemenuhan kebutuhan dan harapan tersebut dapat diimplementasikan melalui adanya keadilan dan pendekatan kemanusiaan bagi semua anggota, adanya jenjang karir yang jelas, reward terhadap prestasi kerja, adanya program pengembangan kualitas mutu, adanya penilaian kerja yang objektif serta adanya tindak lanjut dari hasil evaluasi kerja. Seorang pemimpin tidak akan mampu menciptakan lingkungan kerja yang kondusif jika tidak mendapat kepercayaan dan loyalitas dari anggotanya. Kepercayaan hanya akan diperoleh ketika pemimpin menunjukkan kepedulian terhadap semua anggota, mau menerima masukan dan saran serta mau saling berbagi pengalaman dengan anggotanya.Downloads
Published
2022-12-14
How to Cite
Amarta, Y. ., Marsidin, S. ., & Sulastri, S. . (2022). Peran Psikologi Manajemen dalam Membangun Lingkungan Kerja yang Kondusif di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11299–11305. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10239
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yoga Amarta, Sufyarma Marsidin, Sulastri Sulastri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).