Peran Psikologi Manajemen dalam Membangun Lingkungan Kerja yang Kondusif di Sekolah

Authors

  • Yoga Amarta Unversitas Negeri Padang
  • Sufyarma Marsidin Unversitas Negeri Padang
  • Sulastri Sulastri Unversitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10239

Abstract

Psikologi manajemen adalah sebuah studi manajemen yang menggunakan pendekatan psikologis dalam memahami karakter setiap manusia dalam organisasi. Faktor psikologis akan berpengaruh terhadap Kinerja, pola komunikasi dan interaksi setiap individu di lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran psikologi manajeman dalam membangun lingkungan kerja yang kondusif disekolah. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dari berbagai macam buku, artikel, dan laporan penelitian. Hasil dari studi kepustakaan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Lingkungan kerja yang kondusif hanya dapat dibentuk melalui praktek kepemimpinan yang baik. Praktek kepemimpinan yang baik dapat dilihat dari bagaimana pemimpin mengelola pola komunikasi dan interaksi dalam memenuhi kebutuhan dan harapan setiap individu. Pemenuhan kebutuhan dan harapan tersebut dapat diimplementasikan melalui adanya keadilan dan pendekatan kemanusiaan bagi semua anggota, adanya jenjang karir yang jelas, reward terhadap prestasi kerja, adanya program pengembangan kualitas mutu, adanya penilaian kerja yang objektif serta adanya tindak lanjut dari hasil evaluasi kerja. Seorang pemimpin tidak akan mampu menciptakan lingkungan kerja yang kondusif jika tidak mendapat kepercayaan dan loyalitas dari anggotanya. Kepercayaan hanya akan diperoleh ketika pemimpin menunjukkan kepedulian terhadap semua anggota, mau menerima masukan dan saran serta mau saling berbagi pengalaman dengan anggotanya.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Amarta, Y. ., Marsidin, S. ., & Sulastri, S. . (2022). Peran Psikologi Manajemen dalam Membangun Lingkungan Kerja yang Kondusif di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11299–11305. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10239

Most read articles by the same author(s)