Studi Literatur: Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Guna Meningkatkan Profesionalisme Guru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10240Abstract
Supervisi akademik oleh kepala sekolah untuk membantu pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran sekaligus memotivasi dan membantu guru untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya dalam proses belajar mengajar. Masih banyak guru yang menemukan kesulitan dalam mengajar dan dan masih ditemukannya pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah belum berjalan optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis supervisi akademik guna meningkatkan profesionalisme guru. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, dengan fokus analisis implementasi supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. Literatur yang digunakan adalah berupa beberapa hasil penelitian sebelumnya, yang kemudian di analisis. Hasilnya mengemukakan bahwa banyak guru yang kenyataannya mengalami kesulitan dengan masalah akademik, dan sudah adanya penerapan supervisi akademik guna meningkatkan profesionalime guru, namun tetap harus dilakukan secara berkesinambungan dan supervisor secara tanggap dapat membantu masalah yang dihadapi guru dalam pembelajaran. Sebagaimana program supervisi akademik hadir dan dirasakan guru guna menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi guru di kelas.Downloads
Published
2022-12-14
How to Cite
Oktaviani, O. ., Marsidin, . S. ., & Sulastri, S. . (2022). Studi Literatur: Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Guna Meningkatkan Profesionalisme Guru . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11306–11311. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10240
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Oktaviani Oktaviani, Sufyarma Marsidin, Sulastri Sulastri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).