Studi Literatur: Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10177Abstract
Pengelolaan kelas adalah upaya guru untuk mengatur atau mengkondisikan setiap gerak, kerja, dan proses kegiatan yang dirancang sedemikian rupa sehingga pembelajaran yang telah disepakati terlaksana secara efektif dan optimal untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Salah satu upaya guru untuk menciptakan iklim kelas yang kondusif adalah dengan menjadikan pembelajaran menarik dan menyenangkan melalui pengelolaan kelas yang efektif. Namun, tidak semua guru mampu menciptakan suasana kelas yang kondusif, menarik dan menyenangkan untuk pembelajaran. Dalam mengikuti proses pembelajaran, motivasi setiap siswa berbeda-beda, ada yang tinggi dan ada yang rendah, dalam hal ini guru harus mempengaruhi motivasi siswa secara eksternal untuk membentuk motivasi internal siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengelolaan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah studi pustaka yang difokuskan pada penelitian implementasi pengelolaan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil kajian pustaka tentang pengelolaan kelas untuk meningkatkan pembelajaran siswa dapat dicapai dengan cara mempersiapakan, mengkoordinir, kontrol kelas, dan evaluasi dari setiap program pengelolaan kelas yang sudah dirancang agar tujuan tersebut tercapai secara maksimal.Downloads
Published
2022-12-13
How to Cite
Hidayatullah, N. ., Marsidin, S. ., & Sulastri, S. . (2022). Studi Literatur: Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10980–10986. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10177
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurfitri Hidayatullah, Sufyarma Marsidin, Sulastri Sulastri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).