Studi Literatur: Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Nurfitri Hidayatullah Unversitas Negeri Padang
  • Sufyarma Marsidin Unversitas Negeri Padang
  • Sulastri Sulastri Unversitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10177

Abstract

Pengelolaan kelas adalah upaya guru untuk mengatur atau mengkondisikan setiap gerak, kerja, dan proses kegiatan yang dirancang sedemikian rupa sehingga pembelajaran yang telah disepakati terlaksana secara efektif dan optimal untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Salah satu upaya guru untuk menciptakan iklim kelas yang kondusif adalah dengan menjadikan pembelajaran menarik dan menyenangkan melalui pengelolaan kelas yang efektif. Namun, tidak semua guru mampu menciptakan suasana kelas yang kondusif, menarik dan menyenangkan untuk pembelajaran. Dalam mengikuti proses pembelajaran, motivasi setiap siswa berbeda-beda, ada yang tinggi dan ada yang rendah, dalam hal ini guru harus mempengaruhi motivasi siswa secara eksternal untuk membentuk motivasi internal siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengelolaan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah studi pustaka yang difokuskan pada penelitian implementasi pengelolaan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil kajian pustaka tentang pengelolaan kelas untuk meningkatkan pembelajaran siswa dapat dicapai dengan cara mempersiapakan, mengkoordinir, kontrol kelas, dan evaluasi dari setiap program pengelolaan kelas yang sudah dirancang agar tujuan tersebut tercapai secara maksimal.    

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Hidayatullah, N. ., Marsidin, S. ., & Sulastri, S. . (2022). Studi Literatur: Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10980–10986. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10177

Most read articles by the same author(s)