This is an outdated version published on 2022-11-09. Read the most recent version.

PERAN SUAMI MENDAMPINGI PERSALINAN

Authors

  • Veradilla Veradilla STIKES Mitra Adiguna Palembang
  • Rohani Rohani STIKES Mitra Adiguna Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8587

Keywords:

Peran Suami, Mendampingi dan Persalinan

Abstract

Peran suami sangat mempengaruhi kondisi kehamilan dan persalinan ibu serta janin. Dukungan dan kerjasama antara ayah, ibu dan janin juga mampu menjadi healing jiwa bagi mereka yang menunjukkan bahwa calon ibu yang persalinannya didampingi oleh suaminya akan lebih jarang mengalami depresi pasca persalinan (postpartum blues) daripada mereka yang tidak didampingi suami saat persalinan dan menurunkan angka kecemasan yang mengakibatkan persalinan lama, nyeri berkurang dan robekan jalan lahir juga jarang.Tujuan PKM ini adalah untuk mempersiapkan kekuatan psikologis istri untuk melahirkan. Suami atau keluarga bisa ikut hadir saat proses persalinan, kehadiran suami ini walau sekedar menemani, memegang tangan istri, dan membisikkan kata-kata menghibur pada istri akan memberikan motivasi kekuatan secara psikologis bagi istri. Walaupun tidak dapat menghilangkan rasa sakit tetapi kekuatan psikologis istri akan membuatnya lebih kuat menahan sakit dan cemas yang pada akhirnya akan memperlancar proses persalinan. serta mensosialisasikan keberadaan STIKES Mitra Adiguna Palembang Prodi DIII Kebidanan di lingkungan sekitar. Metode yang digunakan untuk dapat mencapai target dari kegiatan ini adalah dengan cara pendekatan, bimbingan dan pelayanan konseling gratis. Dengan demikian masyarakat akan mendapatkan pelayanan melalui berbagai rangkaian kegiatan yang menunjang peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan masyarakat tentunya. Luaran akhir dari kegiatan ini adalah dapat memberi kekuatan psikologis istri akan membuatnya lebih kuat menahan sakit dan cemas yang pada akhirnya akan memperlancar proses persalinan dengan adanya suami untuk mendampingi persalinan.

References

Aisyah, syaifatul aini. “Dukungan Suami Berhubungan Dengan Kecemasan Ibu Bersalin Primigravida.” Health Journal 1, vol. 12, 2021.

Dinas Kesehatan Kota Palembang. “Profil Kesehatan Tahun 2018 (Data 2017).” Dinas Kesehatan Palembang, no. 72, 2018, pp. 10–13.

Fitriana, Yuni, and Widy Nurwiandani. Asuhan Persalinan. 2021.

Mutmainnah, UI Annisa, et al. Asuhan Persalinan Dan Bayi Baru Lahir. 2017.

Nurhayati, Eka. Patologi Dan Fisiologi Persalinan. 2019.

Rosyati, Heri. “Modul PersalinaRosyati, H. (2017). Modul Persalinan. Materi.N.”

Materi, 2017.

Downloads

Published

2022-11-09

Versions

How to Cite

Veradilla, V., & Rohani, R. (2022). PERAN SUAMI MENDAMPINGI PERSALINAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1747–1750. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8587

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.