PENINGKATAN PERFORMA BUSINESS CENTER DALAM BIDANG MANAJEMEN INVENTORI DAN RITEL SERTA PEMASARAN DIGITAL PADA SMK NU KEDUNGTUBAN, BLORA

Authors

  • Stacia Reviany Mege Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro
  • Anafil Windriya Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro
  • Arkhan Subari Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro
  • Faza Munadi Iman Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro
  • Alya Sufi Aeni Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14651

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada umumnya memiliki teaching factory yang dimanfaatkan untuk memberikan pengalaman dunia industri. Namun sejumlah teaching factory belum berfungsi optimal. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat lewat Program PIM Kemdikbudristek ini bertujuan untuk meningkatkan performa business center (teaching factory) dari SMK NU Kedungtuban khususnya dalam bidang manajemen inventory dan ritail serta pemasaran digital sebagai wadah untuk mendukung pendidikan vokasional. Metode yang dipilih dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan-pelatihan dengan pendekatan problem solving, demonstrasi, dan project based learning serta dilakukan pula pre-tes dan post-tes pada dua pelatihan. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman terhadap inventori dan ritel serta peningkatan keterampilan melakukan layout toko dan penataan barang, serta terdapat juga peningkatan pemahaman penggunaan Instagram ad-sense.

References

Akmaludin., Cahyadi, C., & Suhardoyo. (2021). Pembuatan Design Digital Marketing Bagi UMKM Untuk Meningkatkan Wawasan dan Pendapatan Masyarakat Desa Cikarageman, Setu, Bekasi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6 (2), 372-380.

Arifudin, D. & Sulistiyaningsih, E. (2020). The Short-term of Content Creation And Digital Marketing Bagi Pelajar Di Purwokerto. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (1), 98-106.

Astuti, M. & Nurdin, R. (2021). Pendampingan Digital Marketing untuk Pengembangan Desa Wisata Menggunakan Media Sosial. Kacanegara Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5 (1), 59-65.

Erlangga, H., Sunarsi, D., Pratama, A., Nurjaya., Sintesa, N., Hindarsah, I., Juhaeri & Kasmad. (2021). Effect of Digital Marketing and Social Media On Purchase Intention of SMEs Food Products. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12 (3), 3672-3678.

Foster, B., Johansyah, M. D., & Marwondo. (2021). Manajemen Retail di Era Pemasaran Online. Bandung: Unibi Press.

Junaedi, I. W. R., Utama, I. G. B. R., & Waruwu, D. (2021). Penggunaan Digital Marketing Dalam Pembangunan Desa Catur Kintamani Mengwi. Prosiding PKM-CSR, 4, 217-227.

Lukman, H. S. (2015). Mengembangkan Potensi Wirausaha Siswa SMK 2 Muhammadiyah Melalui Pengelolaan Business Center. Jurnal Surya: Seri Pengabdian kepada Masyarakat, 1 (1), 21-27.

Manullang, M. & Sinaga, D. (2005). Pengantar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Andi.

Meliana, N. & Jaenah, S. (2022). Penerapan Metode ABC Dalam Sistem Indormasi Manajemen Persediaan Barang Barang Pada Toko Lily Jaya. Jurnal Ilmiah Betrik, 13 (2), 180-190.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact: Implementation and Action, 2(2).

Sadiyah, C., Hilmi, L. Z., & Fitriasari, F. (2022). Penguatan Strategi Branding dan Digital Marketing pada Edotel Skala SMK Negeri 1 Lamongan, Jawa Timur. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 6 (2), 63-72.

Sasongko, D., Putri, I.R., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pengabdhi, 6 (2), 92-96.

Siswanto, I. (2015). Business Center SMK Program Keahlian Bisnis dan Manajemen. Seminar Nasional & Call for Paper, Dies Natalis Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa ke-60 th.

Tripiawan, W., Amani, H., & Wijaya, A. T. (2019). Effectiveness Analysis of Social Media Ads as a Promotional Media (Case Study: Instagram Taya. Id). 1st International Conference on Industrial and Manufacturing Engineering.

Wibawanto, S. (2021). Pemahaman Digital Marketing Menuju Era 5.0 Di SMK Ma’arif 3 Somalangu Kebumen. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2 (2), 353-360.

Widiatna, A. D. (2019). Teaching Factory: Arah Baru Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Jakarta: Pustaka Kaji.

Downloads

Published

2023-06-08

How to Cite

Mege, S. R. ., Windriya, A. ., Subari, A., Iman, F. M. ., & Aeni, A. S. . (2023). PENINGKATAN PERFORMA BUSINESS CENTER DALAM BIDANG MANAJEMEN INVENTORI DAN RITEL SERTA PEMASARAN DIGITAL PADA SMK NU KEDUNGTUBAN, BLORA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3617–3623. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14651