PENGUATAN PEMBELAJARAN PBL DAN PJBL SERTA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18805Keywords:
Probem Based Learning, Project Based Learning, Motivasi Belajar SiswaAbstract
Guru di sekolah mitra memiliki kesulitan dalam penerapan penggunaan model pembelajaran PBL dan PJBL serta cara meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapaun solusi yang diberikan berkaitan dengan permasalahan mitra adalah 1) memberikan materi berkaitan dengan model PBL dan PJBL. 2) Pelatihan menyusun prangkat pembelajaran minimal RPP berkaitan pembelajaran PBL dan PJBL, 3) Melakukan praktek Pembelajaran PBL dan PJBL. 4) materi tentang meningkatkan motivasi belajar sisiwa dan implementasinya dalam pembelajaran. Pelaksanaan dari kegiatan ini terdiri dari beberapa kegiatan. Tahap persiapan terlebih dahulu melakukan survy dan diskusi untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh mitra, menetapkan sasaran, menyiapakan materi dan pendukung lainnya. Kedua, tahap pelaksanaan kegiatan melakukan pretest dan menyampaikan materi PBL,PJBL dan Motivasi. Dalam kegiatan ini juga dulakukan pembimbingan dan Praktek. Ketiga, tahap evaluasi dengan melakukan post test dan menganalisis hasil akhir dari kegiatan. Hasilnya pelaksanaan dari kegiatan berjalan dengan baik dan diperoleh ada peningkatan pemahaman guru-guru berkaitan dengan penerapan konsep PBL, PJBL serta kemampuan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.References
Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif , Dan Kontekstual: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/Kti). Jakarta?: Prenadamedia Group.
Arantes Do Amaral, J. A., Gonçalves, P., & Hess, A. (2016). Creating A Project-Based Learning Environment To Improve Project Management Skills Of Graduate Students. Journal Of Problem Based Learning In Higher Education, Vol 3 No 2 (2015). Https://Doi.Org/10.5278/Ojs.Jpblhe.V0i0.1178
Arends, R. I. (2008). Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta?: Pustaka Pelajar.
Bell. (2010). . Project-Based Learning For The 21st Century: Skills For The Future. The Clearing House: A Journal Of Educational Strategies, Issues And Ideas. 83(3).
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. Https://Doi.Org/10.22373/Lj.V5i2.2838
Lee, J., & Martin, L. (2017). Investigating Students’ Perceptions Of Motivating Factors Of Online Class Discussions. The International Review Of Research In Open And Distributed Learning, 18(5). Https://Doi.Org/10.19173/Irrodl.V18i5.2883
Lion, E., Ludang, Y., & Jaya, H. P. (2022). Edukasi Penerapan Pbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Masa Covid-19. 2(1).
Permendikbud. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru.
Pohan, N., & Siregar, Y. E. Y. (2017). Peran Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Tugas Pokok Guru: Penelitian Tidakan Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 132–139.
Prijowuntato, S. W., Suratno, I. B., & Astuti, C. W. R. (2023). Penguatan Pembelajaran Berbasis Pjbl Dan Pbl Pada Guru-Guru Di Yayasan Insan Mandiri Denpasar. Share “Sharing - Action - Reflection,” 9(1), 1–6. Https://Doi.Org/10.9744/Share.9.1.1-6
Sardiman. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar-Mengajar. Rajawalil Pers.
Wiyani, N. A. (2013). Desain Pembelajaran Pendidikan, Tatat Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakarta?: Ar-Ruzz Media, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zulkifli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.