PENGUATAN PEMBELAJARAN PBL DAN PJBL SERTA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Zulkifli Zulkifli Universitas Islam Riau
  • Alficandra Alficandra Universitas Islam Riau
  • Fikri Fikri Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18805

Keywords:

Probem Based Learning, Project Based Learning, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Guru di sekolah mitra memiliki kesulitan dalam penerapan penggunaan model pembelajaran PBL dan PJBL serta cara meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapaun solusi yang diberikan berkaitan dengan permasalahan mitra adalah 1) memberikan materi berkaitan dengan model PBL dan PJBL. 2) Pelatihan menyusun prangkat pembelajaran minimal RPP berkaitan pembelajaran PBL dan PJBL, 3) Melakukan praktek Pembelajaran PBL dan PJBL. 4) materi tentang meningkatkan motivasi belajar sisiwa dan implementasinya dalam pembelajaran. Pelaksanaan dari kegiatan ini terdiri dari beberapa kegiatan. Tahap persiapan terlebih dahulu melakukan survy dan diskusi untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh mitra, menetapkan sasaran, menyiapakan materi dan pendukung lainnya. Kedua, tahap pelaksanaan  kegiatan melakukan pretest dan menyampaikan materi PBL,PJBL dan Motivasi. Dalam kegiatan ini juga dulakukan pembimbingan dan Praktek. Ketiga, tahap evaluasi dengan melakukan post test dan menganalisis  hasil akhir dari kegiatan. Hasilnya pelaksanaan dari kegiatan berjalan dengan baik dan diperoleh ada peningkatan   pemahaman   guru-guru   berkaitan   dengan penerapan konsep  PBL, PJBL serta kemampuan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

References

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif , Dan Kontekstual: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/Kti). Jakarta?: Prenadamedia Group.

Arantes Do Amaral, J. A., Gonçalves, P., & Hess, A. (2016). Creating A Project-Based Learning Environment To Improve Project Management Skills Of Graduate Students. Journal Of Problem Based Learning In Higher Education, Vol 3 No 2 (2015). Https://Doi.Org/10.5278/Ojs.Jpblhe.V0i0.1178

Arends, R. I. (2008). Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta?: Pustaka Pelajar.

Bell. (2010). . Project-Based Learning For The 21st Century: Skills For The Future. The Clearing House: A Journal Of Educational Strategies, Issues And Ideas. 83(3).

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. Https://Doi.Org/10.22373/Lj.V5i2.2838

Lee, J., & Martin, L. (2017). Investigating Students’ Perceptions Of Motivating Factors Of Online Class Discussions. The International Review Of Research In Open And Distributed Learning, 18(5). Https://Doi.Org/10.19173/Irrodl.V18i5.2883

Lion, E., Ludang, Y., & Jaya, H. P. (2022). Edukasi Penerapan Pbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Masa Covid-19. 2(1).

Permendikbud. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru.

Pohan, N., & Siregar, Y. E. Y. (2017). Peran Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Tugas Pokok Guru: Penelitian Tidakan Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 132–139.

Prijowuntato, S. W., Suratno, I. B., & Astuti, C. W. R. (2023). Penguatan Pembelajaran Berbasis Pjbl Dan Pbl Pada Guru-Guru Di Yayasan Insan Mandiri Denpasar. Share “Sharing - Action - Reflection,” 9(1), 1–6. Https://Doi.Org/10.9744/Share.9.1.1-6

Sardiman. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar-Mengajar. Rajawalil Pers.

Wiyani, N. A. (2013). Desain Pembelajaran Pendidikan, Tatat Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakarta?: Ar-Ruzz Media, 2013.

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Zulkifli, Z., Alficandra, A., & Fikri, F. (2023). PENGUATAN PEMBELAJARAN PBL DAN PJBL SERTA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA GURU SEKOLAH DASAR . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7285–7288. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18805