PENDAMPINGAN IMPLMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI MODUL AJAR BERBASIS PROYEK LAHAN BASAH

Authors

  • Ratna Yulinda Universitas Lambung Mangkurat
  • Ellyna Hafizah Universitas Lambung Mangkurat
  • Sauqina Sauqina Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19298

Keywords:

Implementasi Kurikulum Merdeka, Project Based Learning, Human Centred Design, Pendampingan IKM, proyek Lahan Basah.

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka diharapkan mampu mengembangkan keterampilan siswa sesuai dengan minat dan bakatnya. Salah satu strategi yang dianjurkan adalah dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek atau PjBL. Salah satu tantangan dalam pelaksanaan PjBL adalah bagaimana cara memanajemen proyek yang efektif, fleksibel dan masih berkesesuaian dengan struktur kurikulum. Beberapa sekolah seperti SMPN 4 Danau Panggang, masih mengalami kesulitan dalam mengimplmentasinya dikarenakan guru yang menguasai PjBL dimutasi, sehingga belum sempat mediseminasikan hasil pelatihan yang didapatnya melalui praktik di sekolah. Artikel ini mendiskusikan tentang kegiatan pendampingan yang dilakukan untuk melatih guru dalam mengimplmentasi Kurikulum Merdeka di SMPN 4 Danau Panggang. Pelatihan ini dirancang dan diimplmentasi dengan menggunakan pendekatan Human Centred Design agar guru sebagai peserta pelatihan mendapatkan mafaat yang sesuai dengan kebutuhan ril mereka. Hasil analisis menunjukkan bahwa proyek yang tepat untuk SMP tersebut yakni dengan mengintegrasikan lahan basah sebagai konteksnya sehingga Proyek yang dilaksanaknan disebut Proyek Lahan Basah. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa Pendampingan Implmentasi Kurikulum Merdeka (IKM) melalui Modul Ajar Berbasis Proyek Lahan Basah sesuai dengan kebutuhan guru, dilihat dari feedback yang diberikan guru dan dampak yang terlihat pada peserta didik.

References

Andriani, Y., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Pada Smp Negeri 8 Prabumulih. Jpt: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 243–252.

Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran.

Bskap, K. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka Di Satuan Pendidikan. Kemendibudristek. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan.

Fakhrudin, I. A., Probosari, R. M., Indriyani, N. Y., Khasanah, A. N., & Utami, B. (2023). Implementasi Pembelajaran Stem Dalam Kurikulum Merdeka: Pemetaan Kesiapan, Hambatan Dan Tantangan Pada Guru Smp. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(1), 71–81.

Giacomin, J. (2014). What Is Human Centred Design? The Design Journal, 17(4), 606–623.

Ideo. (2011). Ideo Human Centered Design Toolkit For Ngos And Social Enterprises. Retrieved From Http://Www.Ideo.Com/Work/Item/Human-Centered-Design-Toolkit/

Klem, A. M., & Connell, J. P. (2004). Relationships Matter?: Linking Teacher Support To Student Engagement And Achievement. 74(7), 27–34.

Mendikbudristek Ri. (2021). Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 162 Tahun 2021 Tentang Program Sekolah Penggerak. Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia.

Pusat Asesmen Dan Pembelajaran. (2021). Pembelajaran Paradigma Baru. Jakarta: Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sony, & Nina. (2023). Pedoman Project Based Learning (Pjbl) Dipersiapkan Untuk Diimplementasikan Ke Program Pkw 2023. Retrieved August 25, 2023, From Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Website: Http://Kursus.Kemdikbud.Go.Id/Webkursus/Detail-Artikel/138

Sumanto, N. L., & Sembiring, A. (2023). Pelatihan Berpikir Desain Dan Teknologi Digital Dalam Implementasi Merdeka Belajar Di Sdn 105300 Deli Tua Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian Undikma, 4(3), 668–674.

Yulinda, R., Sauqina, S., & Hafizah, E. (2022). Menyambut Kurikulum Paradigma Baru: Pendampingan Pembelajaran Ipa Berbasis Stem-Pjbl Lahan Basah Dengan Pendekatan Human Centred Design. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 853–861.

Yuniarti, Y. (2021). Project Based Learning Sebagai Model Pembelajaran Teks Anekdot Pada Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(2), 73–81.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Yulinda, R., Hafizah, E. ., & Sauqina, S. (2023). PENDAMPINGAN IMPLMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI MODUL AJAR BERBASIS PROYEK LAHAN BASAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8033–8038. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19298