IMPLEMENTASI PRAKTIK KULIAH LAPANGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM WUJUD KEGIATAN PENANAMAN MANGROVE DI KABUPATEN KOLAKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15298Keywords:
Praktik Kuliah Lapangan, Project Based Learning, Penanaman Mengrove.Abstract
Pembelajaran geografi sebagian besar membahas tentang fenomena alam yang mempengaruhi kehidupan manusia. Hal inilah yang membuat pembelajaran geografi tidak hanya terbatas dalam ruang kelas tetapi juga perlunya praktik kuliah lapangan. Pembelajaran tentang mangrove sangat penting untuk dikuasai, namun menguasai materi mangrove tidaklah cukup menyelamatkan mangrove dari ancaman dan kerusakan, perlu adanya tindakan-tindakan yang tepat salah satunya dengan Penanaman Mangrove. Di beberapa daerah di Kolaka laju kerusakan mangrove cukup tinggi, sehingga kegiatan ini selain penting untuk menumbuhkan kepedulian kepada mahasiswa juga mengedukasi masyarakat akan pentingnya keberadaan mangrove. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode proyek dengan 5 tahapan yakni: 1) penyusunan panduan praktek kuliah lapangan, 2) penyiapan bibit, 3) penentuan lokasi penanaman, 4) penanaman mangrove dan 5) pelaporan hasil praktek. Hasil yang telah dicapai dari program kegiatan pengabdian ini adalah mahasiswa geografi bersama-sama dengan masyarakat Desa Tondowolio secara bergotong royong berhasil menanam 1000 bibit mangrove dan merasa antusias dalam menanam mangrove. Pencapaian ini merupakan hal yang paling penting dan menjadi prioritas untuk mendukung program-program yang dicanangkan oleh Universitas Sembilanbelas November Kolaka dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka.References
Andri Estining Sejati dkk, 2022. Penanaman Mangrove di Pantai By Pass Kolaka untuk Membangun Karakter Peduli Lingkungan Pesisir dan Pantai Mahasiswa. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat September 2022 Vol. 7, No. 3 e-ISSN: 2541-626X pp. 304-311 https://journal-center.litpam.com/index.php/linov
Daniel Murdiyarso dkk, 2022. Rehabilitasi kawasan pesisir untuk pembangunan rendah karbon. Infobrief CIFOR-ICRAF NO 366, juli 2022, Doi: 10.17528/cifor/008615, https://www.google.co.id/books/edition/Rehabilitasi_Kawasan_Pesisir_untuk_Pemba/Ee2bEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=mangrove+indonesia+2020&pg=PP2&printsec=frontcover
Kasmaida dkk, 2023. Pendampingan Masyarakat dalam Pengolahan Sampah Plastik menjadi Paving Blok. Communnity Development Journal Vol.4,No.2 Juni 2023,Hal.1358-1361 DOI: https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2
Noor. dkk. 2006. Panduan Pengenalan Manggrove Di Indonesia. Bogor. WI-IP.
Sutiani Kaliu dan Ramad Arya Fitra, 2019. Komposisi Vegetasi Mangrove dan Identifikasi Fauna Secara Vertikal di Pesisir Pantai Kecamatan Pomala Sulawesi Tenggara. SAINTIFIK: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol.5, No.2, Juli 2019, pp. 127~134 ISSN 2407-4098 (print) DOI:10.31605/saintifik.v5i2.229 ISSN 2622-8904 (online) file:///C:/Users/WIN10/Downloads/229-Article%20Text-399-5-10-20200122.pdf
Kordi KMGH. 2012. Ekosistem Mangrove Potensi, Fungsi dan Pengelolaan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Noor YR, Muhammad K, Suryadiputra. 2012. Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. Bogor : IUCN dan The World Bank.
Joko Nugroho Riyono, Dwi Iqbal Maulana, Siti Latifah, 2022. Analisis Perubahan Luasan Hutan Mangrove Di Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas Tahun 2013 – 2019, Jurnal Hutan Lestari (2022) Vol. 10 (1): 168 – 177 Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura, Jalan Imam Bonjol Pontianak 78124. file:///C:/Users/WIN10/Downloads/46068-75676663307-2-PB.pdf
Khulfi M. Khalwani dkk, 2021. Mangrove untuk SGDs. Bogor: IPB Press.
Samsi Awal dan Muhsinatun Siasah Masruri, 2019. Pemanfaatan Batu Angus di Lereng Timur Gunung Gamalama Pulau Ternate Sebagai Media Pembelajaran Geografi di SMA. Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian Vol. 17 No. 1 Tahun 2019|11–20 https://journal.uny.ac.id/index.php/geomedia/index
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Samsi Awal, La Alu, Nasarudin Nasarudin, Sudarwin Kamur, Ahmad Iskandar, Gaby Nanda Kharisma, Eko Hariyadi, Andri Yulianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.