WORKSHOP DAN PENDAMPINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK GURU ANAK USIA DINI DI KECAMATAN TAMBUN UTARA KABUPATEN BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22852Keywords:
Project Based Learning, Pengabdian Kepada Masyarakat, Anak Usia Dini.Abstract
Anak usia dini pada hakikatnya membutuhkan sebuah model pembelajaran yang mampu mengembangkan berbagai aspek perkembangannya. Hal tersebut dikarenakan dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangannya akan membuat anak berkembang secara optimal dalam berbagai aspeknya. Model pembelajaran itu sendiri merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru meliputi pendekatan, strategi, metode teknik, dan bahkan taktik pembelajaran yang sudah terangkai menjadi suatu kesatuan yang utuh. Seorang guru harus mampu menerapkan sebuah pembaruan atau inovasi dalam pendidikan anak usia dini, salah satu inovasi model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru yaitu model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah sebagai salah satu upaya untuk memberikan pengetahuan kepada pendidik PAUD di Tambun Utara Kabupaten Bekasi tentang Project Based Learning, dan memotivasi para pendidik tersebut agar menerapkan pengetahuan yang sudah diperoleh ke dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Workshop ini dilakukan pada tanggal 21-27 Oktober 2023 di TK Penguin Family Islamic School 02 Tambun Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Lalu dilanjutkan dengan pendampingan di 10 lembaga pada tanggal 23-26 Oktober 2023. Hasil yang didapatkan, pendidik bisa menerapkan Project Based Learning dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan berdasarkan hasil yang didapat, diketahui bahwa hasil rata-rata pada pre test adalah 52,72. Sementara hasil rata-rata pada post test adalah 75,22. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kapasitas kompetensi peserta pelatihan dari sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan sebesar 43%. Hasil tersebut merupakan masukan untuk berbagai stakeholder, terutama institusi yang menaungi lembaga- lembaga yang menjadi peserta dalam program PKM ini.References
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Permendikbud Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. , (2014).
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mariamah, Siti dkk. (2021). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan
Kemampuan Kolaborasi Anak Usia Dini. Jurnal Profesi Kependidikan Volume 2 No.1.
Murniati, E. (2016). Penerapan metode project based learning dalam pembelajaran. Jurnal Administrasi Pendidikan, Universitas Malang. Retrieved from http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/28-Erni-Murniarti.pdf
Reswari, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Hots) Anak Usia 5 - 6 Tahun. JCE (Journal Of Childhood Education Volume 5 No. 1 , 1-10.
Sari, A. Y., & Zulfah, U. (2017). Implementasi pembelajaran project based learning untuk anak usia dini. MOTORIC, 1(1), 10.
Tirenti, Y. R. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Penerapannya dalam Proses Pembelajaran di kelas. Yogyakarta: Deepublish (CV Budi Uta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lilis Suryani
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.