SOSIALISASI PENGGUNAAN CANVA DALAM PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN

Authors

  • Maya Nurfitriyanti Universitas Indraprasta PGRI
  • Fatwa Patimah Nursa’adah Universitas Indraprasta PGRI
  • Aulia Masruroh Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7818

Keywords:

Modul Pembelajaran Berbasis Android, Canva

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang penting bagi suatu bangsa untuk sejahtera. Ini membantu orang untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk menjadi warga negara yang produktif yang dapat berkontribusi pada pertumbuhan negara mereka. Keberhasilan suatu pendidikan ditentukan oleh kualitas guru dan bahan ajar yang digunakan. Sebagian besar guru sekarang menggunakan buku teks atau modul yang ada, yang kaya akan detail yang jelas. Namun, modul pelatihan yang digunakan tidak sedikit yang terlalu buku teks, sehingga membuat siswa tertarik untuk membacanya. Hal ini menuntut guru untuk kreatif dalam membuat materi pembelajaran seperti modul menjadi lebih menarik. Canva merupakan aplikasi online yang dapat digunakan untuk membuat modul pembelajaran. Mudah digunakan dan memiliki berbagai alat dan fitur yang menjadikannya pilihan ideal untuk membuat bahan ajar. Canva adalah alat yang hebat untuk membuat visual, tetapi sayangnya tidak banyak guru yang mengenalnya. Canva adalah alat yang hebat untuk membuat modul pembelajaran visual, tetapi mungkin sulit untuk memulai tanpa bantuan. Itulah pentingnya sosialisasi memperkenalkan Canva kepada guru dan menunjukkan kepada mereka bagaimana Canva dapat digunakan untuk membuat modul yang kreatif dan menarik. Jadikan media pembelajaran lebih efisien dengan menambahkan detail yang kaya.

References

Daryanto, D. (2013). Media pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Gava Media.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96.

Rokhayani, A., & Utari, A. R. P. (2014). The use of comic strips as an English teaching media for junior high school students. Language Circle: Journal of Language and Literature, 8(2).

Sutarno, E., & Mukhidin, M. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran untuk Meningkatkan hasil dan Kemandirian Belajar Siswa SMP di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3).

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79–85.

Zhang, Y. (2019a). The Effect of Metaphorical Competence on Students’ Writing Skills. Creative Education, 10(1), 151–155.

Zhang, Y. (2019b). The Effect of Metaphorical Competence on Students’ Writing Skills. Creative Education, 10(1), 151–155.

Downloads

Published

2022-10-22 — Updated on 2022-10-22

Versions

How to Cite

Nurfitriyanti, M. ., Nursa’adah, F. P. ., & Masruroh, A. . (2022). SOSIALISASI PENGGUNAAN CANVA DALAM PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1432–1437. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7818