PENGUATAN EKONOMI MELALUI PRODUKSI MEDIA TRANSISI PAUD KE SD CREATIVITY BOARD SUNKABER DENGAN OPTIMALISASI CANVA DI TBM JINGGA DESA CINANDANG, DAWARBLANDONG, MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40830Keywords:
uatan Ekonomi, Media Transisi, PAUD ke SD, Creativity Board, CanvaAbstract
Penguatan ekonomi masyarakat dapat diwujudkan melalui inovasi produk edukasi berbasis kreativitas yang mendukung kebutuhan pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga transisi ke jenjang sekolah dasar (SD). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan mengembangkan dan mengoptimalkan Creativity Board SUNKABER (Sumber Kreativitas Anak Berbasis Edukasi dan Rekreasi) sebagai media transisi PAUD ke SD dengan memanfaatkan platform desain Canva. Produk ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan kognitif, motorik, dan kreativitas anak melalui aktivitas interaktif yang menarik. Pendekatan ini tidak hanya mendukung proses pembelajaran, tetapi juga menciptakan peluang ekonomi bagi masyarakat lokal melalui produksi dan distribusi media edukasi ini. Optimalisasi Canva memungkinkan proses desain yang efisien, estetis, dan sesuai kebutuhan pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Creativity Board SUNKABER dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran transisi anak, sekaligus memperkuat ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan usaha mikro. Dengan demikian, pengembangan produk ini memiliki potensi besar untuk mendukung pendidikan berkualitas dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.References
Faridah, I., Rachmawaty, M., Maryati, S., Adiarti, W., & Zukhairina. (2021). Bahan Ajar Program Transisi PAUD-SD. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Kemdikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia.
Listyowati, A., Rosidah, C. T., & Nadhifah, V. (2023). Edutainment Sunkaber Berbasis Muatan Lokal: Media Kreativitas Berbahasa dan Profil Pelajar Pancasila Siswa Transisi PAUD ke SD. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa
Musfita, R. (2019). TRANSISI PAUD KE JENJANG SD: DITINJAU DARI MUATAN KURIKULUM DALAM MEMFASILITASI PROSES KESIAPAN BELAJAR BERSEKOLAH. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1).
Novianti, R., Sabrina, S., Umari, T., Maemunaty, T., & Bahar, A. (2021). RESILIENSI SEBAGAI PENDUKUNG KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1428. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8642
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Susi Hermin Rusminati, Anies Listyowati, Cholifah Tur Rosidah, Rani Rohmatu Masruroh, Nabila Farah Gautama Putri, Alfina Yuniar Evarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.