PEMBERDAYAAN UMKM ENDEK SEKAR JEPUN MELALUI STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN EKONOMI BERKELANJUTAN DI KOTA DENPASAR BALI

Authors

  • Putu Diah Krisna Junitasari Politeknik Nasional
  • Ni Wayan Dian Irmayani Politeknik Nasional
  • Ida Ayu Paramita Handayani Politeknik Nasional
  • Ni Wayan Purnami Rusadi Politeknik Nasional
  • Desak Made Indah Paramitha Sari Politeknik Nasional
  • I Gusti Agung Ayu Intan Fatmayoni Politeknik Nasional
  • Ida Bagus Putra Manuaba Politeknik Nasional
  • I Gusti Ngurah Putra Harthawan Politeknik Nasional
  • I Putu Abdi Saputra Politeknik Nasional
  • I Gede Evan Pradana Politeknik Nasional

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35591

Keywords:

Tenun Endek, Marketing Mix Training, Kota Denpasar

Abstract

Desa Kesiman sebagai salah satu wilayah di Kota Denpasar memulai melakukan terobosan dengan dikembangkannya seni kerajinan tenun endek dengan motif unik sebagai trand mark Kota Denpasar. Di dalam perjalanannya, seni tenun endek di Desa Kesiman mengalami pasang surut terutama sekali terhadap masalah kurangnya tenaga kerja penenun yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pasar, masih minimnya pengetahuan tentang teknik tenun yang baik dan benar termasuk didalamnya adalah teknik pewarnaan, serta belum tersosialisainya seni kerajinan tenun endek diluar kelompok. Didasarkan atas pertimbangan tersebut, maka upaya strategis melalui kegiatan PKM dapat dijadikan sebagai solusi pemecahannya. Optimalisasi produk endek sebagai langkah penguatan budaya yang memiliki multiplier effect ke berbagai aspek kehidupan baik aspek sosial, aspek budaya, maupun aspek ekonomi. Optimalisasi produk tenun tentunya tidak lepas dari berbagai permasalahan yang ada, salah satunya ialah masalah pemasaran. Penerapan strategi marketing mix diharapkan mampu menjadi problem solver atas permasalahan yang ada. Dalam pengabdian ini menggunakan Metodologi Asset Based Community-driven Development yakni sebuah pendekatan dalam pemberdayaan masyarakat sebagai upaya yang sangat menekankan pada kemandirian masyarakat dan terbangunnya suatu tatanan serta pengakuan atas potensi aset yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi produk endek khas Kota Denpasar melalui metode marketing mix

References

Andri, Shalfi, et al. Strategi Pemasaran : Menghadapi Dunia Bisnis yang Kompetitif. Edited by Luhgiatno, Luhgiatno, Eureka Media Aksara, 2023.

Anggraini, Oktiva, Supriyanto, (2019), Literasi Digital: Suatu Kemewahan Bagi UMKM Perikanan di Era Industri 4.0? Prociding Seminar dan Lokakarya Kualitatif Indonesia: Pengembangan Budaya Penelitian Menuju Indonesia 4.0, Jakarta: Universitas Matana, ARA Center, Matana University Tower, 19-20 Maret 2019.

Ascharisa Mettasatya Afrilia1. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi, 1(1), 147–157.

Industri Penunjang Industri kreatif dan Industri Kreatif tertentu, tahun 2010 – 2014.

Irmayani, W. D. Astitiani, L. P. S and Handayani, I. A. R. P. (2023). Pemberdayaan Perempuan Millenial Melalui Literasi Digital. Community Development Journal, 4 (4), 7129- 7133. DOI: https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17932

Kim, H. and Lennon, S. (2001). E-atmosphere, Emotional, Cognitive, and Behavioral Responses. Journal of Fashion Marketing and Management. Vol. 14 No. 3, pp. 412-38.

Lardin Korawijayanti dan Th. Tyas Listyani, Pengaruh Perkembangan Usaha Kecil Menengah terhadap Keberdayaan Perempuan di Jawa Tengah. Ragam, Vol.9 No.2, Agustus 2009 :166 - 182.

LanangWibisono, 2012 Semarang Pasang Target Terbaik dalam Lomba UMKM dan Koperasi Se- Jateng. http://www.suaramerdeka.com

Magrath, V., & McCormick, H. (2013). Branding design elements of mobile fashion retail apps. Journal of Fashion Marketing and Management, 17(1), 98–114.

Ni Wayan Dian Irmayani, Ni Wayan Purnami Rusadi, Luh Lisa Suryantini (2021). Webinar Online Marketing Dalam Menghadapi Era New Normal Bagi Generasi Muda Wirausaha. Jpm17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2021.

Ni Wayan Dian Irmayani, Ni Wayan Purnami Rusadi, P. B. D. S. (2021). Webinar Tips &Trik Jualan Online Di Tokopedia. Jurnal Abdi Karya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa Eissn: 2655-9706 Politeknik Nasional Denpasar Bali, 04(1), 25–2

Purwana ESD, Rahmi, Aditya S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. JPMM. 1(1). doi : doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01.

Tegowati, Tegowati, et al. Pengembangan Produk. Edited by Egim, Ash S. Eureka Media Aksara, 2024.

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020, January). View Of Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Https://Ojs.Unpkediri.Ac.Id/Index.Php/Gj/Article/View/13906/1491

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Junitasari, P. D. K. ., Irmayani, N. . W. . D. . ., Handayani, I. . A. . P. . ., Rusadi, N. . W. P. . ., Sari, D. M. I. P. ., Fatmayoni, I. G. A. A. I. ., Manuaba, I. B. P. ., Harthawan, I. G. N. P. ., Saputra, I. P. A. ., & Pradana, I. G. E. . (2024). PEMBERDAYAAN UMKM ENDEK SEKAR JEPUN MELALUI STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN EKONOMI BERKELANJUTAN DI KOTA DENPASAR BALI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9389–9395. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35591