PELATIHAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA KEMANDIRIAN EKONOMI SISWA SMK MUHAMMADIYAH 06 JAKARTA

Indonesia

Authors

  • Ratih Ayu Sekarini Universitas Islam Jakarta
  • Nino Agung Perdana Universitas Islam Jakarta
  • Intan Puspita Rini Universitas Islam Jakarta
  • Ahmad Munawir Siregar Universitas Islam Jakarta
  • Muhammad Arya Dirgantara Universitas Islam Jakarta
  • Hilma Farhani Universitas Islam Jakarta
  • Muhammad Faisal Yunas Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40113

Keywords:

Pelatihan, Digital Marketing ,Kompetensi, Enterpreneurship.

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan mengenalkan digital marketing kepada siswa dan siswi guna meningkatkan kompetensi mereka di bidang berwirausaha. Kegiatan ini mengasilkan empat kompetensi yaitu keterampilan berpikir kritis, berkolaborasi. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 6 Jakarta dengan sasaran 68 siswa dan siswi kelas XI berjalan dengan lancar, bahkan siswa dan siswi sangat antusias mengikutinya dalam sesi tanya jawab dan membuat mendesain promosi produk melalui platform canva. Metode pelaksanaan kegiatan ini dengan metode ceramah yang memberikan penjelasan mengenai teori dan pengalaman di bidang digital marketing, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan langsung membuat bentuk promosi, harga dan tampilan produk. Pada sesi terakhir siswa diharuskan menjelaskan hasil dari tampilan digital marketing mereka secara berkelompok Kegiatan yang menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam ini menghasilkan pemahaman kepada siswa dibidang digital marketing dengan harapan kelak akan menjadi ilmu mereka jika ingin berwirausaha nantinya

References

Asriati, N., & Dkk. (2023). Edukasi Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing di SMK Negeri 3 Pontianak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 41–48. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/anugerah/article/view/5568/2137

Budianto, A., & Salim, M. (2021). Pengaruh latihan mandiri terhadap keterampilan praktis dalam pelatihan medis. Jurnal Pelatihan Kesehatan, 8(2), 45–56.

Fadilah, F., & Dkk. (2023). Pengaruh pengalaman dan latar belakang terhadap keterampilan medis. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(4), 220–230.

Fakhri, & Rahman, Y. (2023). ANALISIS TINGKAT KOMPETENSI SISWA PADA SMK ISLAMI AL-FATTAH ASTAMBUL KABUPATEN BANJAR. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis (JIEB), 9(1), 061–074. https://ejournal.stiepancasetia.ac.id/jieb/article/view/1001/548

Fibriana, A. H., & Dkk. (2024). Pelatihan Membuat Konten Instagram pada Karang Taruna Sedatigede. Jurnal Pengabdian Nusantara (Abdinus), 8(1), 34–41. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM/article/view/20862

Fohadu, A. E., & Irawan, I. N. (2024). PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL DESAIN MEMBATIK BAGI PELAKU UMKM LOKAL BATIK SANTOSO BERSAMA GERAKAN ASPIRASI ANAK BANGSA TINGKAT INTERNASIONAL. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Musyawarah), 2(1), 115–124. https://www.jurnal.anfa.co.id/index.php/musyawarah/article/view/1565/1580

Hafsah, & Dkk. (2022). Peningkatan Pengetahuan Tentang Penyakit Degeneratif Pada Masyarakat Petani di Desa Laliko Sulawesi. JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT (KREATIVASI), 1(2), 63–71. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/kreativasi.v1i2.23735

Hamdani, I. M., & Dkk. (2023). EDUKASI MENGENAI PENTINGNYA DATA SCIENCE UNTUK MASA DEPAN. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 34–40. https://doi.org/0.46306/jabb.v4i1.313

Novianti, P., & Dkk. (2020). Efektivitas simulasi dalam pelatihan keterampilan medis. Jurnal Pelatihan Medis, 14(1), 32–40.

Putra, L. D., & Dkk. (2023). Pemanfaatan Canva Untuk Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 7(4), 2530–2535. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/5957/pdf

Ridwan, M. H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa. Jurnal Tarbiyatuna, 2(2), 149–163. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/Tarbiyatuna/article/view/1363/857

Rohmat. (2022). Urgensi Pembentukan Undang-Undang Pasar Digital sebagai Instrumen Pengawasan Persaingan Usaha di Era Digital. Jurnal Persaingan Usaha, 2(2), 118–126. https://jurnal.kppu.go.id/index.php/official/article/view/76/36

Siska, A. I., & Dkk. (2023). Pembuatan Buku Pelajaran Digital Berbasis Canva sebagai Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh pada SMP Kosgoro, Sragi. Jurnal Pengabdian Nusantara (ABDINUS), 7(2), 359–365. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM/article/view/18679/3219

Suranto, & Dkk. (2022). Optimalisasi Penggunaan Digital Marketing Melalui Sosial Media dan E-Commerce pada Industri Kecil Menengah di Desa Kingkang, Kabupaten Klaten. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (J-Abdipamas), 6(1), 123–136. file:///C:/Users/ACER/Downloads/2473-5901-1-PB.pdf

Wulandari, D. (2022). Dampak Positif Dan Negatif Penggunaan Internet Bagi Peserta Didik. Aksioma Ad-Diniyah, 10(2), 149–156. https://ejurnal.latansamashiro.ac.id/index.php/JAD/article/view/747/681

Yanny, A. (2023). Pengaruh Bazar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Universitas Budi Darma. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ilmu Ekonomi (JASMIEN), 3(3), 212–220. https://journal.cattleyadf.org/index.php/Jasmien/article/view/384/295

Sekarini, R. A., Farhani, H., Yunas, M. F., Wiwin, W., & Rini, I. P. (2023). Peningkatan Ekonomi Melalui Pelatihan Tecnopreneurship di SMK Nurul Huda Jakarta. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 4275-4282.

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

Sekarini, R. A., Perdana, N. A., Rini, I. P., Siregar , A. M., Dirgantara, M. A., Farhani, H., & Yunas, M. F. (2025). PELATIHAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA KEMANDIRIAN EKONOMI SISWA SMK MUHAMMADIYAH 06 JAKARTA : Indonesia. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 878–883. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40113

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.