MEMBANGUN JIWA WIRAUSAHA DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVESITAS PATTIMURA

Authors

  • Restia Christianty Universitas Pattimura
  • Teddy C. Leasiwal Universitas Pattimura
  • Zainuddin Latuconsina Universitas Pattimura
  • Nurul Maghfirah Universitas Pattimura
  • Muhammad Faisal Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27563

Keywords:

Pelatihan, Mahasiswa, Kewirausahaan

Abstract

Minat para mahasiswa untuk menjadi seorang pengusaha terlihat semakin besar dengan semakin banyak lahirnya bisnis-bisnis baru yang ada sekarang. Salah satu tantangan  Perguruan  tinggi  adalah tidak saja menghasilkan  lulusan sarjana yang memiliki kompetensi secara akademik  namun juga menghasilkan lulusan yang mempunyai  kemampuan  soft  skills.Untuk   menumbuhkan   minat usaha pada   generasi   muda, diperlukan  ajakan  yang  bersifat  pendidikan  dan  pengalaman melalui pelatihan kewirausahaan. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah  presentasi dan diskusi. Berdasarkan  hasil  monitoring selama  proses  pelatihan,  maka  diketahui bahwa peserta/mahasiswa sudah memiliki niat dan semangat dalam berwirausaha. Setelah    melalui    wawancara  secara singkat, maka peserta mengatakan bahwa     kegiatan     pelatihan     kewirausahaan     ini memberikan pengetahuan baru dan menambah kesadaran pentingnya berwirausaha.

References

Astuti, A. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Pembentukan Jiwa Kewirausahaan di Lingkungan Mahasiswa STPKat Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 1(2), 149–169.

Harnani, N. (2020). Model pembelajaran kewirausahaan kreatif melalui praktek usaha dalam menumbuhkan kreatifitas dan inovatif mahasiswa. Sosiohumaniora, 22(1), 79–87.

Lisnawati, I., & Ertinawati, Y. (2019). Literat Melalui Presentasi. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1).

Margahana, H. (2020). Urgensi Pendidikan Entrepreneurship Dalam Membentuk Karakter Entrepreneur Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 176–183.

Maulana, A. S. (2020). Kewirausahaan (Entrepreneurship) dalam Pandangan Islam (Historis-Politik dan Ekonomi). Penerbit NEM.

Mubarok, A. (2019). Green Innovation Sebagai Strategi Pengembangan Umkm dalam Mendukung Sustainable Business. IAIN.

Noni, Y., Fadhilah, N., Norvadewi, N., Yanti, D., & Fitriah, D. (2023). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENGEMBANGKAN JIWA ENTREPRENEURSHIP MAHASISWA DI KALIMANTAN TIMUR. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 1(5), 445–453.

Nuraeni, Y. A. (2022). Peran Pendidikan Dalam Pembentukan Jiwa Wirausaha: Pendidikan Kewirausahaan. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 1(2), 38–53.

Oei, A., Sendow, G. M., & Lumantow, R. Y. (2022). Pengaruh Motivasi dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 1007–1017.

Riana, I. G., Hatani, L., Astawa, I. P., & Aristana, I. N. (2023). Kewirausahaan (Pengembangan Bisnis Baru). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Safitri, M. E., & Maryanti, E. (2022). Buku Ajar Kewirausahaan. Penerbit NEM.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Christianty, R. ., Leasiwal, T. C. ., Latuconsina, Z. ., Maghfirah, N. ., & Faisal, M. . (2024). MEMBANGUN JIWA WIRAUSAHA DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVESITAS PATTIMURA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3838–3842. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27563

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.